Ilustrasi Produk Pizza. (Foto: unsplash/Ivan Torres)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pizza termasuk makanan favorit sebagian pecinta kuliner. Hal ini menjadikan pizza sebagai ide usaha kuliner yang prospektif, apalagi target yang dituju bisa dari semua kalangan masyarakat, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Widya Angelia bersama dengan sang suami, Alva Mardiansyah mulai terjun ke dunia usaha sejak Desember 2017 dengan produk kuliner Lezzato Pizza. Pelaku UMKM asal Padang, Sumatera Barat ini sebelumnya adalah seorang karyawan di salah satu perusahaan di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Barat. Mereka memutuskan untuk pindah demi merawat kedua orang tuanya yang sebelumnya terpisah karena jarak yang sangat jauh.

Akhirnya, bersama sang suami, Widya belajar cara membuat pizza dan melakukan tes pasar untuk melihat bagaimana respon konsumen terhadap produknya. Respon yang diberikan pun positif dengan banyaknya konsumen yang melakukan repeat order sehingga semakin meyakinkan Widya untuk mengembangkan usaha kuliner dengan produk pizza.

Tampilan Produk Lezzato Pizza. (Foto: Dok. Lezzato Pizza)

Produk Lezzato Pizza dibuat dengan sistem made by order dengan menggunakan bahan premium dan diantarkan dalam kondisi hangat. Kelebihan produk yang dimiliki yaitu kemasan yang menarik serta diantar dengan menggunakan armada delivery pizza yang dilengkapi dengan box pizza dan aluminium foil agar produk tetap hangat.

Lezzato Pizza diolah dengan menggunakan bahan baku lokal serta didukung dengan mengutamakan keamanan bahan baku agar kualitas produk dapat tetap terjaga.

“Untuk menu dough (adonan .red) pizza memiliki tekstur yang lembut di tengahnya dan crispy di bagian pinggir yang menjadi ciri khas serta topping yang beraneka ragam sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Konsumen bilang produk kami enak dan tidak bikin eneg,” kata Widya.

Widya mengatakan, selama pandemi usahanya mengalami penurunan omzet dan penjualan sehingga tidak tercapai target seperti biasanya. Karena saat ini daya beli masyarakat menurun dan kompetitor brand dunia membanting harga dengan menyasar target pasar menengah ke bawah yang merupakan target konsumen Lezzato Pizza.

Untuk mengatasi hal tersebut, Widya terus menjaga kualitas produk dengan melakukan inovasi varian berupa kopi kekinian sebagai pelengkap, melakukan promo produk, dan memperkuat pemasaran melalui media online.

Saat ini produk Lezzato Pizza menggunakan berbagai platform pemasaran online, mulai dari media sosial, Youtube, marketplace, website, dan Google My Bussiness.

Ia juga tetap melakukan penjualan offline mulai dari berjualan di outlet, menyebar brosur di sekitaran outlet, memasang spanduk, dan aktif mengikuti grup pengusaha lokal.

Dengan moto produk ‘Pizza Favorit Keluarga’, Widya berharap dapat terus bertahan untuk mengembangkan bisnisnya serta menerapkan keep on your track agar strategi yang sudah ditentukan tidak keluar dari model bisnis yang telah diterapkan.

Editor: Regina Mone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here