Poster film "Tjoet Nya' Dhien" tahun 1989. (Foto: Antara)

Jakarta, MNEWS.co.id – Film Tjoet Nja’ Dhien diputar kembali di bioskop pada Kamis (20/5/21) bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional.

Sutradara film Tjoet Nja’ Dhien, Erros Djarot mengungkap pentingnya menyaksikan film garapan tahun 1988 itu untuk para generasi milenial. Ia mengatakan isu yang ada dalam film tersebut masih relevan dengan masa kini.

Maka dari itu, penting bagi anak muda untuk dapat menonton film Tjoet Nja’ Dhien di bioskop. “Dengan mengenal sejarah kita sendiri, selain akan membuat tahu siapa kita, generasi milenial dapat menjelaskan kepada dunia, siapa kita sebenarnya,” kata Erros.

Melalui film ini Erros berhasil meraih penghargaan Sutradara dan Penulis Skenario Terbaik dalam Festival Film Indonesia tahun 1988. Menurutnya, film kolosal bukan sekedar menjadi sebuah film yang memiliki sejarah panjang.

Namun, juga memberi gambaran kepada penonton masa kini bahwa banyak persoalan khususnya di film ini yang masih sangat terkait dengan persoalan terkini. “Bahkan selaras dengan persoalan kemanusian di generasi mana saja, yaitu ihwal kesetiaan dan pengkianatan, pengorbanan dan perjuangan, juga cinta Tanah Air,” tambahnya.

Film “Tjoet Nja’ Dhien” telah melalui proses perbaikan di Belanda sebelum kembali diputar di Indonesia. Sebagai permulaan, film Tjoet Nja’ Dhien hanya diputar di 5 bioskop Jakarta yaitu Pondok Indah Mall 1, Plaza Senayan, Trans Studio Mall Cibubur, Blok M Square, dan Bekasi. Erros berharap agar masyarakat khususnya generasi milenial bisa menyaksikan film ini.