UMKM Malang siap naik kelas. (Foto: dok Bentoel Group)

Malang, MNEWS.co.id – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dituntut naik kelas di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, UMKM dapat dipastikan semakin berkembang bila ikut masuk dalam ekosistem digital.

Direktur Ngalup Co Working Space Andina Paramitha mengatakan UMKM bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 bila bisa berjualan secara daring atau online. Sebab, pasar online dinilai lebih luas dibanding pasar offline atau luring.

Bantuan dari sejumlah pihak pun dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM nasional. Terutama dari perusahaan-perusahaan besar level multinasional.

Seperti yang dilakukan oleh Bentoel Group yakni dengan mengadakan serangkaian program untuk UMKM secara virtual dengan mengusung nama #UMKMBerjaya. Program tersebut antara lain pelatihan dan pameran untuk UMKM.

Program ini sejalan dengan program pemulihan ekonomi nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah dan merupakan komitmen perusahaan untuk membantu menggerakkan kembali ekonomi kerakyatan yang sempat terpukul akibat pandemi Covid-19.

Pada pelatihan ini juga digelar kompetisi usaha dengan mengirimkan proposal dari masing-masing pemilik UMKM. “Harapannya setelah ada kompetisi ini, UMKM Lampu menjangkau pemasaran secara luas. Salah satunya lewat online ini,” ungkap Andina.

Sementara itu Legal & External Affairs Director Bentoel Group Mercy Francisca Hutahaean mengatakan UMKM merupakan salah satu penopang ekonomi nasional dan telah terbukti menyelamatkan krisis ekonomi Indonesia pada 1997-1998. Namun saat ini, pandemi virus Covid-19 telah memukul UMKM nasional.

“Melihat urgensi ini, diperlukan kontribusi dari semua pihak untuk bahu-membahu membantu Pemerintah dalam memulihkan kembali ekonomi sesuai kapasitas kita masing-masing,” katanya.

Program #UMKMBerjaya ini merupakan kelanjutan dari program serupa tahun lalu. Tahun ini, Bentoel Grup berfokus pada strategi promosi yang dapat diterapkan oleh para pelaku UMKM untuk dapat terus berkembang di tengah situasi yang sulit seperti saat ini.

“Agar dapat bertahan dan bertumbuh dalam situasi yang sulit seperti ini, tentunya para pelaku UMKM harus lebih bijak dalam mengalokasikan anggaran untuk pemasaran dan campaign. Oleh karena itu, diperlukan kreativitas dalam melakukan promosi, terlebih saat sebagian besar masyarakat saat ini banyak yang bekerja dari rumah,” tambahnya.

Bentoel Grup berharap pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan baru dan keterampilan praktis kepada para pelaku UMKM dalam melakukan promosi yang efektif di era pandemi serta memberikan inspirasi kepada mereka untuk terus mengeksplorasi kreativitas.