Ilustrasi UMKM. (Foto: Media Indonesia)

Banjarmasin, MNEWS.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah mendukung penuh upaya peningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) lewat website BelanjaKalteng.com sebagai promosi objek wisata unggulan setempat.

Selama masa pandemi produksi UMKM Kalimantan Tengah mengalami kesulitan untuk memasarkan produk. Mulai dari produk unggulan berupa kerajinan tangan seperti tas, topi, hingga rotan dan lainnya. Hal ini dikarenakan pemasaran secara langsung di toko atau kios semakin menurun.

Peluang usaha malah menggeliat melalui sarana digital, karena pemasarannya bukan hanya pasar lokal tetapi hingga ke mancanegara. Sehingga Bank Indonesia bersama Pemprov Kalteng berupaya mendorong UMKM Kalteng kembali bangkit meski melalui sarana digital.

“Saya lebih banyak menjual lewat Facabook, Instagram atau website, pembelinya ada saja lebih banyak daripada di toko selama masa pandemi ini, ” ujar Rina salah satu pelaku UMKM bidang kerajinan tangan bidang souvenir.

Sementara itu, Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Nuryakin menjelaskan, pihaknya mendukung perilisan Website UMKM dan Pariwisata Digital bernama BelanjaKalteng.com. Hal itu bertujuan sebagai wadah pemasaran produk UMKM dan promosi Objek Wisata di Bumi Tambun Bungai.

Ia menegaskan  pihaknya bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Kalteng, berupaya mendukung UMKM dan pariwisata agar tidak saja bertahan, tetapi juga berinovasi dan bangkit lebih kuat.

“Salah satu upaya tersebut adalah digitalisasi melalui penyediaan website untuk mempromosikan produk lokal UMKM dan juga destinasi wisata unggulan di Kalteng,” pungkasnya.