Jakarta, MNEWS.co.id – Alibaba Group membantu pelaku industri dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) membuka akses global agar bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 melalui sistem digital. Bantuan tersebut diharapkan membuat kalangan industri dan UMKM bisa tetap tumbuh dan berkontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia.
Zhang Kuo, General Manager Alibaba.com memaparkan pihaknya mendukung IKM dan UKM Indonesia di tiga bidang, yakni proses on-boarding yang lebih cepat di platform Alibaba.com agar bisa menjangkau secara global, upaya mempercepat pertumbuhan bisnis, dan berbagai upaya untuk meningkatkan kapabilitas perdagangan online para pelaku usaha.
Menurutnya, pertumbuhan ekonomi digital dan ketidakpastian bisnis yang terjadi saat ini telah membawa perubahan mendasar dalam bisnis dan perdagangan global.
“Namun, walau ada banyak peluang dan desakan untuk go online dan go global masih banyak pelaku IKM dan UKM yang mengalami kesulitan dalam memanfaatkan pasar global dan transformasi besar yang saat ini sedang terjadi,” katanya.
Oleh sebab itu, Alibaba.com siap membantu IKM dan UKM di Indonesia mencapai pertumbuhan yang sehat dan kuat dengan menjual produk mereka di pasar global melalui kolaborasi dengan tiga mitranya di Indonesia, yakni Andalin, ATT Group, dan Sinergi Sukses Digitalindo (SSD).
Untuk membangkitkan rasa percaya diri pelaku bisnis saat berpartisipasi dalam perdagangan global, Alibaba.com akan meghadirkan Smart Marketing Solution, sebuah perangkat yang tersedia bagi para pemasok barang dari Indonesia. Para supplier Indonesia itu juga akan mendapatkan pelatihan daring untuk memperkuat kinerja mereka di Alibaba.com.
Dua webinar khusus untuk IKM dan UKM digelar Alibaba bersama Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) pada 18 Juni dan Kementerian Perdagangan pada 25 Juni terkait perdagangan pada era normal baru agar lebih efisien.
Sesi pelatihan lainnya akan mencakup topik mulai dari dasar-dasar dalam bisnis daring hingga perilaku pembeli daring, negosiasi bisnis, dukungan pelanggan, dan pemasaran.