67 UMKM Lokal Berpartisipasi dalam Pesta Rakyat Labuan Bajo Street Carnival. (Foto: Dok/Kemenparekraf)

MNEWS.co.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat berkolaborasi menghadirkan Pesta Rakyat Labuan Bajo Street Carnival sebagai salah satu side event KTT ASEAN 2023 sekaligus untuk menggerakkan ekonomi masyarakat setempat.

Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina menambahkan antusiasme pelaku UMKM yang memasarkan produknya dalam kegiatan ini sangat tinggi. Ia mengungkapkan ada 67 pelaku UMKM yang terlibat dalam Pesta Rakyat ini.

“Kami melihat antusiasme seluruh lapisan masyarakat ini sangat tinggi dan mungkin ini bisa menjadi barometer bagi kita dalam membuat acara, di antaranya harus ada ruang yang lebih luas karena sudah banyak pelaku yang siap memamerkan karyanya ke publik,” kata Shana.

Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf/Baparekraf, Masruroh menjelaskan, sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 yang akan digelar di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023, masyarakat sekitar harus merasakan dampak positif dari event tersebut.

“Dari sini kita bisa melihat pesta rakyat berhasil menggerakkan ekonomi masyarakat dengan banyaknya masyarakat yang terlibat dalam kegiatan, UMKM yang memasarkan produknya, dan mereka mendapatkan peningkatan pendapatan,” katanya.

Peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya pun terbuka melalui ajang tersebut.

Masruroh mengatakan, Kemenparekraf tidak hanya ingin berkontribusi menyukseskan KTT ASEAN secara substansial, namun juga memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar dengan menargetkan sekitar 4.000-5.000 pengunjung yang datang ke side event ini. Ia pun optimistis acara ini bisa berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya.

Ia juga mengapresiasi antusiasme masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya yang terlibat dalam Pesta Rakyat ini. Mulai dari pengelolaan sampah, parkir, hingga keterlibatan UMKM dan pelaku kesenian yang mengisi hiburan di acara ini.

“Itu semua dilakukan dengan baik oleh masyarakat dan komunitas,” katanya.

Masruroh menilai produk-produk UMKM yang dihadirkan dalam event ini memiliki kualitas yang sangat baik dan dikemas menarik.

“Memang kualitasnya sudah layak jual tidak hanya di pasar NTT, tapi juga sudah nasional,” ujarnya.