Ilustrasi Pencarian Google. (Foto: Pexels/Solen Feyissa)

Jakarta, MNEWS.co.id – Google menjadi salah satu platform mesin pencari nomor satu di Indonesia, banyak sekali orang-orang di luar sana memanfaatkan Google sebagai alat untuk mencari informasi. Berbagai keyword atau kata kunci berseliweran tiap detik di beranda Google, guna mendapatkan sumber informasi yang relevan.

Banyak peristiwa yang terjadi sepanjang 2020 ini. Belum lama ini, Google Indonesia merilis data Year in Search 2020, salah satu kategorinya yakni terkait daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.

Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini 6 pencarian terpopuler selama tahun 2020:

Virus Corona

Awal tahun 2020 menjadi awal pandemi virus corona atau COVID-19. Virus yang pertama kali terdeteksi di Provinsi Wuhan, Tiongkok ini berubah menjadi pandemi paling menular dan mematikan di tahun 2020.

Akibat virus ini, pola hidup dan kegiatan manusia di dunia berubah drastis. Segala hal yang mengakibatkan kerumunan terpaksa dihentikan. Semua orang diimbau untuk beraktivitas di rumah demi menjaga diri agar tidak tertular.

Termasuk virus baru, banyak orang penasaran untuk mencari tahu segala hal tentang virus ini. Mulai dari penyebab, cara penularan, cara mencegah, dan bagaimana menjaga diri agar tidak tertular COVID-19.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dicanangkan Pemerintah Indonesia untuk mencegah penularan virus corona Covid-19 di Indonesia. Penerapan PSBB di setiap daerah tergantung pada kebijakan masing-masing kepala daerah. Provinsi DKI Jakarta, misalnya, menerapkan PSBB setiap 2 minggu sekali. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memperpanjang PSBB Transisi jika kondisi Covid-19 belum terkendali.

Kartu Prakerja

Progam Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja/buruh yang terdampak pandemi Covid-19 serta pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Adapun, persyaratan prakerja meliputi WNI, usia diatas 18 tahun, dan tidak dalam sedang pendidikan formal. Persyaratan prakerja meliputi WNI, usia diatas 18 tahun, dan tidak dalam sedang pendidikan formal.

Sepeda Lipat

Bersepeda menjadi salah satu tren di tengah pandemi Covid-19. Harga sepeda kemudian melonjak dan muncul tren sepeda lipat. Beberapa kata kunci sepeda lipat yang dicari masyarakat tahun ini adalah sepeda lipat terbaru 2020, sepeda lipat kreuz, dan sepeda minion.

Odading

Odading menjadi viral setelah seorang pengguna media sosial bernama Ade Londok mengunggah video sedang memakan Odading Mang Oleh. Ade Londok kemudian menjadi buah bibir di dunia maya usai mengunggah video tersebut. Di video itu, ia mempromosikan Odading Mang Oleh dengan menggebu-gebu dan disisipi kalimat bahasa Sunda.

Handsanitizer

Selama masa pandemi, setiap orang bersiaga untuk menjaga kesehatan diri masing-masing agar tak tertular. Rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk menjaga diri dari virus ini adalah dengan rutin mencuci tangan, baik menggunakan sabun atau pun hand sanitizer jika tidak ada air.

Karena rekomendasi tersebut hand sanitizer menjadi produk yang paling banyak dicari di tahun 2020 ini. Nyaris semua pusat perbelanjaan kehabisan hand sanitizer karena habis diborong. Jika pun ada, harganya melambung tinggi tak masuk akal.

Maka dari itu, banyak orang mencoba untuk membuat sendiri hand sanitizer sambil mencari penjual online yang masih menjualnya. Tak heran jika kata kunci ini kemudian menjadi sangat populer di tahun 2020.

Lagu Lathi

Lagu Lathi merupakan karya grup musik elektronik Weird Genius yang berkolaborasi dengan Sara Fajira. Diketahui, lagu ini viral hingga mancanegara. Lagu Lathi memiliki makna tentang hubungan asmara tak sehat atau toxic relationship.

Sepanjang tahun 2020, masyarakat  banyak belajar hal baru sebagai bentuk proses adaptasi terhadap pandemi yang terjadi sepanjang tahun. Beruntung, di era serba digital ini, banyak hal bisa Anda temukan informasinya melalui ketukan jari di atas perangkat. Lewat mesin pencari Google, segala informasi bisa didapatkan dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here