Ilustrasi makanan rendang. (Foto: Kompas)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bagi sebagian warga Indonesia banyak yang menilai bahwa produk Indonesia memiliki banyak kekurangan dan sulit melebarkan sayap go international. Namun siapa sangka, ternyata beberapa kuliner Indonesia justru menjadi salah satu produk yang diminati di luar negeri bersaing dengan produk mancanegara lainnya.

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki ribuan produk makanan dengan kualitas terbaik. Tak hanya laku di pasar lokal, beberapa produk juga mampu menembus pasar global dan disukai masyarakat dunia.

Dilansir dari Detik.com, berikut beberapa produk makanan asli Indonesia yang juga diminati di mancanegara.

1. Chocodot
Pernah mencicipi perpaduan rasa dari cokelat dan dodol? Kalau belum, Anda bisa coba aneka produk dari Chocodot. Kuliner khas Garut, Jawa Barat ini menjadi brand cokelat lokal yang digemari masyarakat Indonesia.

Uniknya, Chocodot memiliki berbagai varian cokelat yang tak biasa mulai dari cokelat enteng jodoh, cokelat obat stres hingga cokelat cegah alay. Soal rasa, Chocodot memiliki 3 jenis rasa yakni, milk, soft dan dark. Keunikan rasa dan varian ini pun berhasil membawa Chocodot menembus pasar Malaysia, Singapura, hingga Australia.

2. Ladang Lima
Selain lezat, Indonesia ternyata juga punya kuliner sehat yang sukses mendunia. Salah satunya seperti produk aneka tepung, cookies, hingga pasta milik Ladang Lima. Terbuat dari bahan dasar singkong, seluruh produk Ladang Lima bebas gluten sehingga baik untuk dikonsumsi pengidap obesitas dan gangguan pencernaan. Meski terbuat dari singkong, produk Ladang Lima punya cita rasa lezat. Tak heran kuliner satu ini bisa merambah pasar Malaysia, Australia, hingga Amerika Serikat.

3. Rendang Uninam
Makanan yang satu ini memang jadi favorit banyak orang, termasuk masyarakat di mancanegara. Lezatnya daging sapi yang dipadukan dengan bumbu rempah khas Minang ini memang mampu menggoyang lidah.

Salah satu UMKM lokal Rendang Uninam bahkan berhasil membawa cita rasa rendang hingga ke luar negeri mulai dari Malaysia hingga Prancis. Uniknya, Rendang Uninam menghadirkan olahan rendang yang awet dan tahan lama seperti rendang suwir, rendang jamur, hingga rendang teri.

4. Sambal Dowhere
Sambal juga menjadi makanan andalan orang Indonesia. Bahkan, banyak orang yang merasa tak lengkap menyantap makanan jika tanpa sambal. Saking lezatnya, sambal khas Indonesia juga mulai terkenal di mancanegara, seperti aneka sambal milik Sambal Dowhere. Lewat olahan sambal bawang khas Indonesia, Sambal Dowhere telah melayani pengiriman ke luar negeri dan mendukung gerakan nasional Indonesia Spice Up The World.

5. Tempe Krezi
Lezatnya olahan keripik tempe milik Tempe Krezi ternyata juga diminati oleh masyarakat di luar negeri, termasuk Amerika Serikat. Dari bahan dasar tempe, UMKM asal Jawa Barat ini berhasil membuat inovasi keripik tempe dengan rasa unik seperti keju, balado, hingga super pedas. Selain keripik, Tempe Krezi juga menghadirkan bubuk krezi yang cocok untuk dijadikan pelengkap makanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here