4 Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa Pemula

Rasti R | 17 Agustus 2019, 11:20 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Banyak mahasiswa yang menginginkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari namuntidak sedikit dari mereka yang bingung pekerjaan apa yang cocok untuk dikerjakan, sehingga tidak jarang pula mahasiswa memutar otak untuk mencari alternatif bisnis dengan menggunakan modal yang kecil.

Karena memiliki penghasilan tambahan merupakan hal yang sangat diminati, selain mengisi waktu luang para mahasiswa pun bisa mendapatkan keuntungan dengan modal yang dimiliki. Namun sebenarnya para mahasiswa bisa memulai bisnis yang sesuai dengan passion yang mereka punya dan juga dengan sedikit kreatifitas serta memanfaatkan peluang dan siap untuk berani mengambil resiko.

Tidak dipungkiri bahwa mahasiswa sudah berada di fase usia yang telah masuk dalam masa produktif, contohnya  misalkan sudah memiliki pemikiran sendiri dan cukup dewasa untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan salah satunya di bidang ekonomi. 

Saat ini sudah banyak pilihan bisnis yang dapat dijalani oleh para mahasiswa dan pastinya tidak bersifat  full time. Bahkan, ada beberapa bisnis yang dapat dijalankan tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Berikut ini beberapa ide bisnis yang dapat menjadi pilihan untuk para mahasiswa untuk dicoba yaitu ;

Menjadi Fotografer atau Videografer Lepas

Jika Anda memiliki hobi pada bidang fotografer atau videografer maka cocok untuk dimanfaatkan contohnya menjadi pekerja lepas (freelance). Bisnis yang satu ini memiliki peluang yang besar karena beberapa acara tertentu untuk mengabadikan moment mereka. Saat ini juga kebutuhan dunia fotografi dan videografi terus meningkat tiap tahunnya dan modal yang dibutuhkan pun tidak  terlalu besar. Anda hanya perlu modal kamera yang berkualitas tetapi biasanya yang memiliki hobi tersebut sudah memiliki kamera tersendiri sehingga tidak membutuhkan modal yang banyak. Untuk permulaan Anda bisa memasang tarif yang tidak terlalu tinggi dan Anda juga harus meningkatkan kemampuan fotografi dan videografi agar semakin profesional.

Menjual Makanan Unik

Kuliner merupakan salah satu sektor yang banyak diminati karena setiap orang tentunya membutuhkan makan dan minum setiap harinya. Anda bisa mencobanya dengan membuka bisnis kuliner yang unik dan mencari informasi melalui internet untuk dijadikan sebagai referensi. Kuliner yang unik pastinya akan membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya serta jangan lupa untuk tetap menjaga kualitas rasa yang ada dan selalu berinovasi agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Sudah berapa banyak bisnis kuliner yang sukses yang dibuat dari para mahasiswa? pastinya sudah tidak terhitung jumlahnya.

Menjadi Makeup Artist

Saat ini make up artist merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang besar karena semakin maju dan banyaknya produk kecantikan yang semakin beragam. Anda bisa memanfaatkan acara-acara tertentu untuk mendapatkan keuntungan misalkan acara wisuda kampus, acara lamaran atau pernikahan dan masih banyak lagi. Dalam bisnis ini Anda tentunya harus modal untuk membeli peralatan dan perlengkapan make up yang cukup lengkap dan jika Anda memiliki  portofolio yang baik  bisnis ini bisa jadi sangat menguntungkan.

Membuka Dropshipper atau Reseller Online

Menjadi  dropshipper atau reseller online adalah salah satu bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang punya cukup banyak waktu senggang karena Anda akan sering berkomunikasi dengan konsumen dan supplier. Dropshipper adalah model bisnis dimana Anda akan menjual produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu, sementara  reseller adalah Anda menjual produk orang lain namun harus membelinya terlebih dahulu dengan harga yang lebih murah.

Setelah Anda mengetahui beberapa bisnis yang dapat dicoba oleh mahasiswa tentunya dapat membantu untuk mendapatkan inspirasi untuk bisnis yang akan dimulai dan pilihlah bisnis yang paling cocok dengan Anda.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar