Jakarta, MNEWS.co.id – Tren fesyen setiap tahunnya dipengaruhi oleh beberapa hal. Selain arus model utama, faktor yang lain yang mempengaruhi tren fesyen adalah kebutuhan masyarakat dan kondisi situasi saat ini.
Dampak pandemi Covid-19 juga memberikan perubahan pada dominasi fesyen pada tahun 2020 lalu. Pakaian kasual yang terlihat rapi dan modis menjadi pilihan masyarakat, khususnya generasi milenial.
Aktivitas yang terpusat di rumah saja menjadi pemicu munculnya berbagai macam model pakaian populer seperti lounge wear, sleep wear, dan loose wear. Model pakaian tersebut dinilai lebih nyaman, sederhana, dan terlihat trendi saat digunakan dalam segala aktivitas.
Mengutip dari Antara, beberapa merk lokal di bawah naungan Hypefast memprediksi empat tren fesyen yang akan populer tahun 2021 yaitu;
- Loungewear dan set piyama
Brand Wearstatuquo melihat bahwa tahun 2020 ditandai masyarakat pada umumnya seakan terhenti untuk melakukan dress-up, dilihat dari meningkatnya penjualan piyama dan loungewear secara global.
Sentuhan personal adalah konsep yang akan dirancang oleh Wearstatuquo pada 2021. Pendiri brand Wearstatuquo, Janet Prasetio mengatakan konsep yang dihadirkan merupakan ide kolrasi dengan beberapa pihak.
2. Athleisure Wear
Kebiasaan sehat yang sedang dijalani oleh seluruh masyarakat dunia dan juga isu kesehatan yang makin diperhatikan, maka membuat Athleisure Wear akan menjadi tren pada 2021.
Pendiri brand Nona, Andani Agni Putri mengatakan, athleisure akan menjadi salah satu tren yang kuat pada tahun 2021 karena masyarakat semakin sering melakukan kegiatan olahraga yang populer selama pandemi Covid-19. Dari pandemi ini juga masyarakat lebih mengutamakan kenyamanan dalam berpakaian sehari-hari.
3. Sling bag
Menurut pemilik brand Motivitiga, Givari Malik, Untuk urusan tas diperkirakan masih mengedepankan fungsi dan kenyamanan. “Model sling bag, fanny pack dan tas kecil lainnya terus digemari oleh pelanggan hingga hari ini,” kata Givary.
Menurut Givari, model tas tersebut cocok untuk digunakan dalam berbagai aktivitas serta diaplikasikan dengan warna natural yang mencolok. Konsep tersebut juga akan diterapkan oleh Motiviga dalam mengeluarkan koleksi tas terbarunya.
4. Vintage, Retro, dan Old school
Tren fesyen tahun 2021 masih diwarnai dengan konsep vintage, retro, dan old school. Namun terdapat perbedaan dari tahun sebelumnya, yakni adanya overlapping antara konsep old school dan new school, yang menyebabkan munculnya dua konsep fashion di saat yang bersamaan.
Menurut pendiri brand Nona, Andini Agni Putri, konsep era Victorian tahun 1990 muncul kembali pada akhir tahun 2020 lalu. Model ruffles dan puff sleeve diperkirakan masih akan populer di 2021.
Pemilihan motif untuk tahun 2021 akan lebih banyak menggunakan geometric pattern yang lebih kecil, bukan lagi gambar abstrak yang sempat populer sebelumnya. Warna yang diperkirakan akan populer adalah yellow butter, olive green, magenta, indigo blue dan cream chocolate.