Putri Indonesia 2011, Maria Selena, hadir pada penutupan Festival Batik Blitar Keren di Monumen Peta Blitar, Minggu (20/3/2022). (Foto: ANTARA)

Blitar, MNEWS.co.id – Putri Indonesia 2011, Maria Selena, mengapresiasi produk batik Blitar yang mampu menembus pasar internasional.

Maria yang hadir pada penutupan Festival Batik Blitar Keren di Monumen Peta Blitar, Minggu (20/3/2022) petang itu merujuk pada Batik Mawar Putih produksi Blitar yang sempat viral setelah dipesan pemain basket NBA Justin Holiday.

“Jangan remehkan karya anak daerah, potensi daerah ini ternyata bisa memiliki peluang yang sama dengan kota-kota besar,” kata Maria dilansir MNEWS.co.id dari surabaya.kompas.com.

Menurut Maria, kemampuan batik Blitar menembus pasar internasional harus dijadikan motivasi bagi pelaku usaha lain, terutama usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari berbagai daerah.

“Ini lihat, saya memakai batik Blitar juga. Ini batik macan putih,” ujar Maria menunjukkan batik yang dia kenakan.

Potensi daerah, kata Maria, juga besar di berbagai bidang yang lain. Di dunia model, kata Maria, cukup banyak model asal Indonesia yang mampu berkancah di gelaran fashion show kelas dunia seperti Paris Fashion Week dan Milan Fashion Week.

“Kemarin ada model-model dari Indonesia yang berjalan di catwalk Paris Fashion Week, Milan Fashion Week. Padahal mereka berasal dari daerah,” kata Maria.

Maria juga mengaku terkejut dengan penyelenggaraan Festival Batik Blitar Keren setelah mulai adanya indikasi penurunan pandemi Covid-19.

Menurutnya, Blitar cukup cepat mengambil inisiatif memulai kegiatan promosi mendahului kota-kota lain di Indonesia.

“Saya quite surprised saat diundang ke sini, ke acara festival. Ini begitu cepat ya Blitar melakukan ini. Saya kira ini patut diikuti oleh daerah-daerah lain,” ujarnya.

Festival Batik Blitar Keren diselenggarakan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar.

Selama festival yang digelar di kompleks Museum Peta Blitar di Jalan Sodancho Supriyadi, 18-20 Maret 2022, dipamerkan puluhan produk UMKM dengan produk batik, kopi dan lainnya.