Ilustrasi: TRADE EXPO INDONESIA Seorang pengunjung mengamati produk dalam Trade Expo Indonesia ke-33 di Tangerang, Banten, (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)
Ilustrasi: TRADE EXPO INDONESIA Seorang pengunjung mengamati produk dalam Trade Expo Indonesia ke-33 di Tangerang, Banten, (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)

Jakarta, MNEWS.co.id – Mitra binaan UMKM Pertamina mencatatkan pencapaian besar dengan membukukan total omzet penjualan mencapai Rp7 miliar di gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada 16-20 Oktober 2019 di ICE BSD.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, dalam informasi tertulis yang dilansir dari Antara di Jakarta, menjelaskan jika pameran perdagangan internasional itu mampu meningkatkan daya saing UMKM binaan Pertamina.

“Selain melakukan penjualan sektor ritel mitra binaan Pertamina juga menjaring pembeli besar melalui kegiatan business matching yang mempertemukan antara UMKM dan calon pembeli,” ujar Fajriyah.

Menurutnya, melalui business matching di Trade Expo Indonesia, 5 UMKM dan penjualan ritel 18 UMKM mitra binaan Pertamina yang berhasil memperoleh total penjualan lebih dari Rp2,9 miliar.

Selain itu, ada dua mitra binaan UMKM Pertamina yang berhasil memperoleh pesanan ekspor dengan total nilai Rp4,2 miliar, yaitu Bawadi Coffee dan Keripik Buah Nurchaetti.

Produk-produk UMKM binaan Pertamina cukup diminati oleh pengunjung yang hadir, di antaranya produk minyak rempah dari Tanah Karo, kerupuk ikan patin dari Sumatera Utara, minyak sereh dari Sumatera Barat, dan mebel kayu dari Jawa Tengah telah habis terjual di hari keempat penyelenggaraan pameran.

“Mitra binaan UMKM yang kami hadirkan di Trade Expo Indonesia 2019 ini merupakan hasil dari kurasi dengan prioritas barang-barang yang cocok untuk diekspor dan belum pernah mengikuti pameran nasional,” kata Fajriyah.