Ilustrasi. Foto: Tokopedia.
Ilustrasi. Foto: Tokopedia.

Jakarta, MNEWS.co.id – Tokopedia baru-baru ini mengumumkan perolehan putaran pendanaan baru sebesar 1,1 miliar USD. Pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

Tokopedia akan terus fokus pada pasar Indonesia dan mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia. Tokopedia berencana menggunakan dana tersebut untuk mendorong pembangunan teknologi dan infrastruktur yang akan memberdayakan jutaan bisnis lokal untuk tumbuh dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

William Tanuwijaya, CEO dan salah satu pendiri Tokopedia, mengatakan, selama 9 tahun ini Tokopedia terus berupaya membangun marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik dan digital. Memasuki tahun ke-10, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) di mana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan yang digunakan akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline.

“Ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia dan mengakselerasi terwujudnya misi besar kami untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” ujar William dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Lydia Jett, Senior Investor SoftBank Investment Advisers, dan Anggota Dewan Tokopedia mengatakan, sejak didirikan Tokopedia telah membantu jutaam UMKM Indonesia menjual produk secara digital ke seluruh pelosok Nusantara.

“Tokopedia telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia. Dengan tingkat adopsi internet di Indonesia yang terus bertumbuh pesat, Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya. Kami mendukung dan percaya kepada kekuatan entrepreneur lokal, dan melihat potensi pertumbuhan Tokopedia akan terus berkelanjutan,” pungkas Lydia.

Sementara itu, Kenny Ho, Head of Investment, Southeast Asia and India di Alibaba Group, mengaku sangat antusias untuk mempererat hubungan antara Alibaba dengan Tokopedia demi memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia.

“Kami melihat misi perusahaan kami – memudahkan untuk memulai dan membangun bisnis di mana saja—tercermin dalam perjalanan Tokopedia,” kata Kenny.

Tokopedia kini sudah menjangkau 93% kecamatan di Indonesia di lebih dari 17.000 pulau. Pada tahun ini, gross merchandise value (GMV) Tokopedia meningkat hingga empat kali lipat. Saat ini Tokopedia juga telah melakukan pengiriman di hari yang sama (same-day delivery) untuk 25% transaksi yang terjadi dalam platformnya.

Tokopedia berkomitmen untuk melayani Indonesia dan akan bekerja dengan para mitranya untuk membangun teknologi dan infrastruktur terbaik demi membuka potensi dan peluang bagi ratusan juta pengguna di masa depan.