Ilustrasi

Jakarta, MNEWS.co.id – Dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-73, Shopee bekerja sama dengan empat kementerian untuk menghadirkan koleksi spesial kemerdekaan yang mencakup 25.000 produk lokal dari Sabang sampai Merauke yang tersedia di platform Kreasi Nusantara.

Berkat dukungan penuh dari empat kementerian, yakni BEKRAF, Kemenperin, Kemkominfo, dan KemenkopUKM, koleksi spesial kemerdekaan dari Sabang sampai Merauke ini sekaligus menunjukkan misi Shopee untuk terus mendukung produk dan talenta lokal di tanah air.

Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee, meyakini potensi lokal setiap daerah di Indonesia yang dapat dikembangkan. Kurasi produk lokal yang dilakukan dinilainya sebagai ajang unjuk gigi produk-produk unik dan menarik yang bisa ditemukan di seluruh pelosok negeri.

“Melalui inisiatif Kreasi Nusantara ini, kami juga ingin memberikan eksposur yang lebih luas kepada para pelaku UMKM dengan mewadahi bisnis mereka secara online. Inisiatif yang diberikan oleh Shopee ini juga sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia di tahun 2020,” ujar Rezki dalam siaran pers yang diterima MNEWS, pada Kamis, (16/8/18).

Uniknya, setiap pulau dari Sabang sampai Merauke yang telah dibina oleh Shopee dan keempat kementerian tersebut memiliki produk lokal favorit berkualitas yang menjadi ciri khas dari setiap daerah. Misalnya pulau Sumatera dengan keripik pisang coklat, keripik balado, dan keripik kulit, pulau Jawa hingga Madura dan Bali dengan produk hijab dan baju muslim, pulau Kalimantan dengan produk kosmetik dan kecantikan, pulau Sulawesi dengan dress muslim serta tas selempang rotan dan tenun, kemudian pulau Papua dengan dompet kulit untuk pria dan kopi Arabika Papua Wamena.

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, menyebutkan bahwa potensi para pelaku UMKM di Indonesia masih sangat besar untuk digali. Namun, mereka memerlukan jalur pemasaran yang tidak mungkin diusahakan sendiri.  

“Melalui kerja sama dengan Shopee lah, kami berharap tantangan itu terjawab dan dapat tercipta ragam inovasi program yang bersifat edukatif dan antisipatif agar dapat mendorong kreativitas para pelaku UMKM untuk beradaptasi terhadap perkembangan digital,” imbuhnya.

Komitmen jangka panjang Shopee untuk mendukung produk dan talenta lokal di Indonesia ini yang mendasari diluncurkannya inisiatif Kreasi Nusantara di bulan Februari 2018. Melalui serangkaian program edukatif di Kampus Shopee, para UMKM binaan pemerintah diberikan pelatihan guna mengembangkan bisnis mereka secara online dan menciptakan produk yang berdaya saing.

Inisiatif jangka panjang dari Kreasi Nusantara ini turut disambut baik oleh Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, selaku Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian. Menurutnya perkembangan e-commerce di Indonesia berpotensi besar memajukan produk lokal.

“Perkembangan e-commerce di Indonesia memegang potensi besar untuk memajukan produk lokal, terutama dalam menciptakan kemandirian digital bagi para pelaku UMKM di Indonesia utamanya dari sisi pengolahan yang dapat meningkatkan nilai tambah bahan lokal. Karenanya, kami sangat mendukung Kreasi Nusantara sebagai inisiatif yang memperkuat para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya melalui eksposur digital,” jelas Gati.

Tunjukkan dukungan dan kecintaanmu terhadap UMKM lokal melalui kurasi produk pilihan di Kreasi Nusantara, dan nikmati diskon spesial hingga 73% dari tanggal 14 – 21 Agustus 2018. Untuk informasi lebih detail mengenai Koleksi Pilihan Sabang sampai Merauke, silakan kunjungi https://shopee.co.id/m/kreasi-nusantara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here