Ilustrasi. Foto: MNEWS.
Ilustrasi. Foto: MNEWS.

Surabaya, MNEWS.co.id – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus lebih melek tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Surabaya, Anugrah Ariyadi. Menurutnya, HKI sangat penting, sebab bisa melindungi aspek-aspek bisnis yang dimiliki pelaku UMKM berupa hasil karya.

“HKI sangat penting untuk melindungi hasil karya yang diciptakan supaya tidak diakui orang lain atau dipermasalahkan di kemudian hari,” kata Anugrah sebagaimana dilansir dari Berita Jatim, Kamis (13/6/2019).

Pihaknya mengapresiasi produk-produk yang dihasilkan para pelaku UMKM di Surabaya. Sebagian dari produk UMKM tersebut bahkan sudah mulai go international.

Untuk itu, Ia berharap Pemerintah Kota Surabaya membantu para pelaku UMKM dalam mengurus HKI. HKI menjadi modal utama bagi para pelaku usaha untuk dapat melebarkan sayap industri ke pangsa pasar global.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebelumnya mengatakan, pihaknya gencar mendorong dan memotivasi para pelaku usaha, utamanya UMKM agar mereka sadar betul terhadap pentingnya sebuah perlindungan HKI pada produk yang telah dihasilkan.

Upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya terkait HKI untuk UMKM ini mendapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Surabaya dinilai sebagai kota yang banyak berkontribusi dan mendukung pemerintah pusat dalam perkembangan pengetahuan dan pemahaman HKI di Indonesia.

Risma mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong para pelaku UMKM agar produk yang mereka hasilkan mendapat perlindungan HKI.

Sumber: Berita Jatim 

Reporter: Ibnu F Wibowo