Blibli menggandeng Jumpstart untuk meluncurkan vending machine yang menawarkan beragam produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Blibli. (Foto: dok. Blibli)

Jakarta, MNEWS.co.id – Blibli menggandeng Jumpstart untuk meluncurkan vending machine yang menawarkan beragam produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terbaik binaan Blibli di bawah GDP Ventures.

Vending machine ini diperkenalkan melalui gelaran Locale Pop Up yang berlokasi di lantai 3 East Mall Grand Indonesia, Jakarta mulai dari tanggal 23 Mei 2022 sampai dengan 12 Juni 2022.

Mengutip dari keterangan persnya, Blibli mengatakan vending machine UMKM ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Dalam pameran pertama dari gelaran Locale Pop Up, Blibli menghadirkan empat vending machine yang terdiri dari coffee machine, photobooth, dan juga ragam produk UMKM lokal.

Pihak Blibli mengatakan, lewat vending machine ini, pengunjung dapat menemukan beragam produk makanan, minuman, dan 180 varian produk dari 36 UMKM Blibli.

Kolaborasi Blibli dengan Jumpstart ini memberikan pengalaman baru bagi pelanggan dalam mendapatkan ragam produk lokal terbaik, sekaligus melengkapi kanal pemasaran omnichannel bagi UMKM dalam menumbuhkan usahanya.

“Pendekatan niaga omnichannel saat ini merupakan cara terbaik untuk bisa memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi pelanggan,” kata Andreas A Paramaditya, VP Galeri Indonesia, Blibli.

Menurut Andreas, kolaborasi ini merupakan cara baru bagi UMKM untuk bisa memasarkan produknya melalui pendekatan yang inovatif, efisien, serta memberikan pengalaman yang praktis bagi pelanggan dalam mendapatkan produk-produk lokal terbaik dan unik. 

Brian Imawan, CEO Jumpstart berharap agar pihaknya bisa mendukung pertumbuhan UMKM unggulan Indonesia melalui model bisnis mereka.

Jumpstart sendiri mengklaim sebagai perusahaan smart vending machine pertama di Indonesia. Kehadirannya bisa menjawab salah satu tantangan bagi UMKM untuk pasar, melalui kehadiran toko fisik yang efisien bagi pelaku usaha.

“Kami harap lebih banyak vending machine inovatif bisa hadir di berbagai lokasi strategis, sehingga dapat memperluas area pemasaran dan lebih dekat dengan pasar,” kata Brian.

Blibli mengatakan, tahun 2022 digadang-gadang oleh Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia sebagai tahun pemulihan UMKM.

“Setelah berjuang dalam mempertahankan bisnis secara daring, tahun ini pelaku usaha kembali memiliki kesempatan untuk memperkuat bisnis melalui pendekatan yang terintegrasi secara online dan offline,” kata Blibli.

Locale Pop Up sendiri digelar sebagai inisiatif yang mendukung digitalisasi produk lokal dan UMKM Indonesia, termasuk menumbuhkan semangat #BanggaBuatanIndonesia di masyarakat.