Perkenalkan Rumah BUMN ke Milenial, BNI Gelar UMKM Muda Virtual Week. (Foto: Dok Bank BNI)

Jakarta, MNEWS.co.id – Dalam mendorong pengembangan usaha di tengah pandemik COVID-19, PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI menumbuhkan semangat kewirausahaan  generasi millennial dengan menggelar UMKM Muda Virtual Week.

Corporate Secretary BNI Meiliana menjelaskan pekan UMKM Muda virtual itu dapat disaksikan gratis melalui media sosial Instagram, Facebook dan Youtube Rumah BUMN BNI dan Instagram Ayo Naik Kelas.

Ia menjelaskan UMKM Muda Virtual Week itu diadakan 15-21 September 2020 bekerja sama dengan Ayo Naik Kelas melalui empat agenda yakni UMKM Muda TalkCharity WebinarVirtual Pop Up Market dan Virtual Tour.

UMKM Muda Talk mempertemukan anak-anak muda Indonesia yang sedang merintis usaha dengan para entrepreneur muda inspiratif dari berbagai kota. Selanjutnya, UMKM Muda Charity Webinar menghadirkan desainer Dana Maulana founder Danjyo Hiyoji, serta pengusaha muda dan influencer Angga Daulay Founder & CEO D’Colonel Resto, untuk berbagi inspirasi dalam merintis usaha.

UMKM Muda Virtual Pop Up Market menghadirkan kurasi produk-produk local brand kreasi anak muda dan UMKM Rumah BUMN BNI yang kreatif dan dapat menjadi inspirasi bagi anak muda lainnya sekaligus mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

Melalui webinar tersebut, Ayo Naik Kelas juga mengajak peserta berdonasi untuk Kelompok Usaha Petani Kecil di Bandung Utara yang diinisasi oleh Mang Toha bersama para jurnalis di Yayasan Odesa Indonesia melalui platform Kitabisa.com.


Selanjutnya ada juga agenda UMKM Muda Virtual Pop Up Market akan menghadirkan kurasi produk-produk local brand kreasi anak muda dan UMKM Rumah BUMN BNI yang kreatif dan dapat menjadi inspirasi bagi anak muda lainnya, sekaligus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Di tengah pandemi dan aturan physical distancing, UMKM Muda Virtual Week akan mengajak para milenial untuk bisnis tour secara virtual ke lokasi usaha UMKM Muda Arma Rifai Founder Domba Berkah. Meiliana mengungkapkan, melalui kegiatan tersebut diharapkan para milenialpreneur lainnya dapat melihat secara langsung proses bisnis dan bagaimana pemilik mengembangkan usahanya.

Sementara itu, Rumah BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN menjadi wadah bagi BUMN untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak mulai pemerintah, akademisi, platform perdagangan dalam jaringan hingga komunitas. Nantinya, Rumah BUMN akan menjadi coworking space bagi anak muda untuk turut aktif berkolaborasi dengan UMKM dalam mengembangkan produk lokal.

Sementara itu, Co Founder Ayo Naik Kelas Bima Rizky memaparkan saat ini banyak anak muda lulusan sarjana di era pandemi COVID-19 memutuskan berwirausaha, karena kesulitan mencari pekerjaan. Namun, terkadang mereka masih bingung bagaimana cara mengembangkan bisnisnya.

UMKM Muda Virtual Week diharapkan dapat menjadi support system bagi mereka sekaligus mengumpulkan mereka dalam satu komunitas untuk saling berbagi informasi dan pengalaman di antara sesama UMKM Muda Indonesia lainnya.

Hingga kini, BNI membina 44 Rumah BUMN di seluruh Indonesia melalui program-program pelatihan untuk mendorong UMKM Naik Kelas serta membantu pembiayaan UMKM melalui program KUR dan BNI UKM Unggulan Nusantara (Bunga Nusantara) yang aktif melakukan kurasi produk asli Indonesia untuk mengikuti pameran di tingkat nasional dan dunia.