Tangerang, MNEWS.co.id – Youtap Indonesia membangun ekosistem antara pelaku usaha dan pelanggan melalui program InHome Delivery and Order, dengan cara menghubungkan pelanggan yang berada di rumah dengan pedagang di pasar, serta fasilitas cuci tangan di lingkungan pasar dan pemukiman, guna menciptakan siklus kegiatan jual-beli yang bersih, aman, dan sehat.
Setelah sebelumnya telah menghadirkan fasilitas cuci tangan untuk pedagang kaki lima (PKL) di Bandung, kini fasilitas serupa kembali Youtap hadirkan bersama dengan inovasi InHome Delivery and Order di Pasar Segar Bintaro, Pasar Jombang, dan Perumahan Graha Bunga, Tangerang Selatan.
Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia, mengatakan, melalui program InHome Delivery and Order, Youtap berupaya menjadi jembatan antara pedagang pasar dan pelanggan agar mereka dapat tetap saling terhubung dengan tetap menjaga jarak.
“Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Youtap untuk mempermudah pelaku usaha, terutama UMKM, menjalankan adaptasi pola hidup baru sehingga mereka dapat terus mempertahankan usahanya di tengah pandemi. Upaya ini kami optimalkan dengan kembali menghadirkan fasilitas cuci tangan dan edukasi peningkatan kebersihan seperti yang telah kami lakukan di Bandung,” ujarnya.
Dengan dukungan InHome Delivery and Order dari Youtap, warga di Perumahan Graha Bunga bisa berbelanja dari pedagang di Pasar Segar Bintaro tanpa harus bertatap muka. Youtap membantu menghubungkan para pelanggan dengan pedagang yang memerlukan kebutuhan sehari-hari termasuk mengkoordinir pengiriman barang tersebut hingga sampai ke tangan pelanggan.
Selain menciptakan ekosistem antara pedagang dan pelanggan yang tangguh terhadap risiko penularan pandemi Covid-19, Youtap juga mendorong transaksi non tunai yang minim kontak, cepat dan aman. Upaya berkelanjutan ini telah menunjukkan hasil positif. Youtap mencatat kenaikan pada jumlah merchant baru yang mengadopsi pembayaran non tunai dari 17persen di masa PSBB menjadi 22 persen saat memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, dan kenaikan ini bahkan tercatat di luar ibu kota.
Herman menambahkan, bentuk implementasi dari program ini pun beragam, mulai dari edukasi, sosialisasi pemanfaatan transaksi non tunai, pembangunan fasilitas kebersihan, hingga dengan menghadirkan inovasi seperti InHome Delivery and Order.
“Upaya ini pun tidak hanya kami jalankan di Jakarta saja, namun juga di wilayah-wilayah lainnya sehingga kita bisa bersama-sama mewujudkan ekosistem pedagang dan pelanggan yang tangguh secara lebih merata,” kata Herman.