Produk Suwe Ora Jamu. (Foto: Dok Suwe Ora Jamu)
Produk Suwe Ora Jamu. (Foto: Dok Suwe Ora Jamu)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pola kehidupan sehari-hari terkadang membuat seseorang akan sibuk dan melupakan kesehatan. Ketika tubuh lelah tanpa diimbangi dengan pola makan sehat, maka akan merasakan sakit. Salah satunya mengatasi masalah dengan cepat, yaitu langsung mengambil obat dan menjadi sehat kembali.

Namun saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang memilih untuk menjaga kesehatan secara lebih alami dengan mengkonsumsi rempah-rempah. Selain dikenal sebagai bahan campuran untuk membuat masakan, rempah-rempah juga dikenal mampu menjadi obat alami untuk mengatasi serta menjaga kesehatan.

Virgina Kadarsan, perwakilan Indonesia Gastronomy Network menjelaskan faktor utama dalam gaya hidup sehat adalah udara, air, mental, olahraga, istirahat, makanan, serta minuman dengan gizi seimbang. Gizi seimbang harus diisi dengan 50 persen lauk pauk, buah, serta sayuran.

Ia menambahkan masakan khas indonesia sangat banyak menggunakan bahan rempah karena memiliki cita rasa tersendiri dan memberikan manfaat kesehatan serta menjaga mutu makanan. Virginia menyarankan agar penyedap rasa MSG dapat diganti oleh bahan rempah seperti terasi, garam atau gula, kaldu, serta bawang. 

“Minuman bandrek, wedang alang-alang, sarabba, serta bir pletok merupakan beberapa minuman tradisional dengan rempah yang aman untuk dikonsumsi,” katanya.

Talkshow & Sharing Session : “Rempah dan Gaya Hidup Sehat” dengan menghadirkan Yanuardi Syukur, M.Si. (Moderator), Nova Dewi (Co-founder Suwe Ora Jamu), Virgina Kadarsan (Indonesia Gastronomi
Network) di acara Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2020 di Jakarta Convention Center Senayan, Kamis (12/3/20). (Foto: MNEWS)

Suwe Ora Jamu merupakan contoh salah satu produk minuman dengan menggunakan bahan rempah dan tetap menjaga khasiat yang ada didalamnya. Nova Dewi, Co-founder Suwe Ora Jamu menceritakan minum jamu adalah kebiasaannya sejak kecil. Namun sejak pindah ke Jakarta, dirinya tidak mudah mendapatkan jamu yang sesuai harapannya (natural).

Sehingga Novi membuat jamu sendiri dengan berbekal ilmu yang diajarkan sejak kecil oleh keluarganya. Ia tidak hanya paham soal bagaimana cara membuat jamu tetapi juga soal filosofi dan makna membuat jamu. Dari kesulitan mendapatkan jamu natural itulah tebersit inspirasi berbisnis jamu hingga berdirilah Cafe Suwe Ora Jamu dengan gaya masa kini. 

Produk Suwe Ora Jamu dikemas dengan berbagai warna warni dengan menggunakan rempah-rempah sehingga menarik peminatnya untuk membeli. Ia juga menambahkan, jamu tidak hanya dimanfaatkan sebagai minuman namun juga bisa digunakan untuk kecantikan seperti cekokan, wedangan, dan godokan.