Ilustrasi camilan makaroni. (Foto: IDN Times)

Jakarta, MNEWS.co.id – Camilan makaroni namanya sudah dikenal oleh masyarakat dan bisa dijumpai baik di pasar tradisional ataupun supermarket. Camilan satu ini sangat diminati mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Merintis usaha camilan makaroni bisa dibilang merupakan bisnis yang sangat menggiurkan.

Makaroni saat ini telah banyak dijual di pasaran dengan berbagai varian rasa. Camilan makaroni juga dapat disajikan dengan berbagai tingkat level pedas untuk menarik minat konsumen yang ingin mencicipi camilan tersebut.

Erni Tato Batto, merupakan salah satu pelaku usaha yang melihat peluang untuk berjualan online dengan menjadi agen resmi camilan bernama Makaroni Bonju. Erni memasarkan Makaroni Bonju karena produk ini merupakan makanan ringan yang memiliki cita rasa gurih dan nikmat. Tak heran jika jenis camilan ini banyak diminati oleh masyarakat khususnya di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Makaroni Bonju adalah camilan ringan yang diproduksi oleh Bonju Makaroni Pedas yang berasal dari Kota Sleman, Yogyakarta. Produk ini banyak diminati berbagai kalangan karena diolah tanpa bahan pengawet, tidak keras, serta menggunakan bumbu grade A; sehingga masa berlaku produk hanya berkisar antara 1 sampai 4 bulan saja.

Tampilan produk Makaroni Bonju. (Foto: Instagram/makaroni_bonjupalu)

Erni merintis usaha menjadi agen camilan macaroni sejak Maret 2020 hingga saat ini. Alasan Ia memulai usaha ini karena banyaknya peminat camilan makaroni di Kota Palu dan merupakan salah satu makanan ringan yang sedang hits saat ini. Selain itu, produk ini juga sudah memiliki sertifikat halal dan surat izin dari Dinas Kesehatan, serta produk sudah tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Menjadi seorang pengusaha agen camilan bukanlah suatu hal yang mudah dan tanpa tantangan. Saat memulai bisnisnya, Erni menceritakan jika usahanya mengalami sepi dari kunjungan pelanggan. Hal ini karena saat awal pandemi, produk camilan makaroni belum banyak dilirik oleh masyarakat sekitar.

Hal itu menjadi tantangan bagi Erni untuk berinovasi dengan mengembangkan bisnisnya melalui media online. Kerja keras dan keuletannya pun membuahkan hasil sehingga secara perlahan produk Makaroni Bonju mulai dikenal di daerah Palu dan menjadi favorit hingga saat ini.

Kini Erni memasarkan produk Makaroni Bonju melalui media sosial Instagram, WhatsApp, Google Bisnisku, Tiktok, hingga marketplace. Ke depannya, Erni berharap dapat terus belajar untuk bisa berinovasi dan mengembangkan usahanya melalui media digital.