Ilustrasi olahraga. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Olahraga merupakan sebuah kebutuhan utama pada masa pandemi COVID-19. Hal ini karena salah satu cara untuk terhindar dari infeksi virus corona adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Olahraga di siang hari dapat menjadi cara yang brilian untuk mengambil istirahat yang sangat dibutuhkan, karena ini memberi Anda dorongan endorfin yang terasa nyaman saat menjauh dari layar komputer.

“Jika Anda mencoba mengatur ulang, jalan-jalan saat makan siang, sesi Pilates, atau aktivitas lain dapat membantu tidak hanya aspek fisik kebugaran tetapi juga manfaat mental, yang selama ini sangat besar,” kata Donna Walker, seorang personal trainer di Chicago dilansir dari CNN Indonesia.

Berikut ini 5 olahraga yang bisa Anda coba di siang hari;

1. Yoga

Meregangkan, memutar, atau bahkan menjungkirbalikkan dengan sesi yoga dapat membantu menghilangkan ketidaknyamanan akibat membungkuk di meja Anda sepanjang pagi. Penelitian telah menemukan bahwa yoga menenangkan baik secara fisik maupun mental: Yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres Anda, yang semuanya dapat menenangkan pikiran yang cemas dan berpacu.

2. Berjalan

Cukup berjalan di luar memiliki banyak manfaat fisik dan mental: Ini dapat meningkatkan energi Anda, menjernihkan pikiran, menghilangkan stres, dan memberikan perubahan suasana yang menyenangkan.

Studi juga menemukan jalan-jalan di luar ruangan untuk meningkatkan kesejahteraan mental, terutama bila dilakukan dengan orang lain. Yang Anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu untuk mendapatkan keuntungan.

3. Berlari

Jika berjalan tidak sesuai dengan kecepatan Anda, cobalah berlari. Berlari dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi dalam jangka pendek dan panjang, dan tidak membutuhkan peralatan apa pun.

Jika Anda seorang pelari biasa, dia menyarankan untuk menyeimbangkan jarak Anda dengan sesi latihan kekuatan yang sering untuk menjaga kesehatan sendi Anda. Joging siang hari memberi Anda istirahat yang meningkatkan sirkulasi dari layar Anda dan memberi makan tubuh Anda dengan udara dan sinar matahari.

4. Naik turun tangga

Tangga di rumah atau apartemen Anda adalah tempat yang tepat untuk melakukan latihan kardio dan kekuatan. Untuk mendapatkan latihan seluruh tubuh dengan langkah Anda, coba berjalan mundur untuk melatih paha belakang Anda atau letakkan kaki Anda di tangga dan tangan di tanah (atau sebaliknya) untuk push-up.

5. Barre

Barre adalah program kebugaran yang terinspirasi balet yang menggunakan gerakan isometrik kecil untuk menantang kekuatan dan daya tahan otot Anda. Menurut Sarah Ashenden, direktur kebugaran di kelab fitness di Chicago mengatakan bahwa latihan ini sangat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan postur tubuh Anda, setelah berjam-jam membungkuk di depan komputer Anda.

Siapa sangka olahraga di siang hari juga tak kalah menyehatkan. Pada siang hari, tubuh akan cepat berinteraksi dengan udara panas dan lembab, sehingga akan mempercepat tubuh mengeluarkan keringat. Setelah itu, tubuh otomatis akan mempercepat proses pembakaran lemak dan mempercepat pembuangan racun dalam tubuh melalui keringat. Kemudian berat badan Anda akan cepat menurun.