Walikota Batu, Dewanti Rumpoko saat menghadiri kegiatan Festival Produk Lokal UMKM Kota Batu. (Foto: Diskominfo Pemkot Batu)

Malang, MNEWS.co.id – Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu bersama Tokopedia menggelar Festival Produk Lokal Kota Batu melalui marketplace Tokopedia. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kemajuan produk UMKM Lokal Kota Batu.

Festival yang digelar di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani Kota Batu digelar mulai tanggal 1 hingga 5 Februari 2021. Kegiatan ini menampilkan ratusan produk berkualitas dari puluhan UMKM lokal yang ada di Kota Batu. Melalui platform Tokopedia, pembeli disuguhi dengan berbagai kemudahan belanja dan penawaran menarik.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu, Eko Suhartono, mengatakan, pandemi yang berkepanjangan menyebabkan perekonomian di Kota Batu mengalami penurunan. Festival ini merupakan dukungan bagi pelaku UMKM untuk bertahan dan berevolusi.

“Adanya pandemi ini menyebabkan terjadinya pergeseran pemasaran dari konvensional ke media digital, festival ini menjadi media UMKM Kota Batu untuk membuka peluang pemasaran yang lebih luas,” ujar Eko dikutip dari Radar Malang.

Sementara itu, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko mengapresiasi adanya kegiatan ini, harapannya pendapatan UMKM Kota Batu bisa meningkat dan bertumbuh. “Alhamdulillah, hari ini Pemkot Batu bersama Tokopedia mengadakan kerjasama sebagai upaya menjadikan UMKM Kota Batu lebih luas lagi, tidak hanya nasional bahkan bisa internasional,” urai Dewanti.

Dalam kesempatan ini, Dewanti memborong beberapa produk UMKM Kota Batu, mulai dari keripik tempe, wedang pokak, minuman sari buah dan sejumlah produk makanan lainnya. Secara simbolis, Dewanti menerima paket pesanan yang telah dibeli melalui jasa ekspedisi.

Dengan semua kemudahan yang diberikan, UMKM di Kota Batu diharapkan bisa terus bertumbuh. “Saya harap, kualitas, harga dan pelayanan UMKM dapat terus dijaga, sehingga pembeli bisa tetap puas dengan barang yang telah dipesan,” ungkapnya.