Ilustrasi Aplikasi Lazada. (Foto: CNN Indonesia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Akhir tahun identik dengan beragam promo dan diskon, salah satunya Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 12.12 yang biasa diadakan setiap tanggal 12 Desember. Untuk itu, Lazada berbagi tips kepada para pelaku UMKM untuk memaksimalkan penjualannya di harbolnas ini.

SVP Traffic Operations & Sellers Engagement Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro, memaksimalkan penjualan bukan hanya tanggung jawab penyedia platform belanja online, tetapi juga penjual.

“Pelaku usaha UMKM harus berani mencoba hal baru, jadilah yang pertama mencoba fitur-fitur dan konten baru,” ujar Haikal dikutip dari Kumparan.

Pelaku UMKM juga perlu melihat detail-detail kecil yang bisa saja menarik perhatian customer saat Harbolnas 12.12 berlangsung, seperti kecepatan membalas pesan, memberi bonus, ramah dan lainnya. Hal-hal seperti itu, menurutnya, lebih akan memberi dampak jangka panjang bagi bisnis.

Sementara untuk strategi harga, pelaku UMKM perlu berani mencoba kombinasikan promosi, semisal berikan voucher, dan diskon menarik kepada customer. Kenali juga mana produk jagoan, produk sehat, dan membuat konsumen membeli produk lebih dari satu alias membuat paket produk.

“Kemudian juga hal-hal mendasar seperti jujur saat berkomunikasi dengan pembeli membuat mereka juga akan lebih loyal kepada produk kita. Dan satu lagi jangan sungkan untuk belajar dari pelaku UMKM yang sudah berhasil juga,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pebisnis UMKM Bacter Online Shop, Aseel Abri, menambahkan hal yang perlu dihindari sebagai penjual adalah dengan menggunakan template pesan, karena hal itu membuat tak adanya kedekatan antara penjual dengan pembeli.

“Kalau menggunakan template, beberapa calon pembeli akan merasa malas. Jadi sebaiknya balas secara manual saja, karena itu akan membuat kesan yang ramah kepada para konsumen dan juga akan bisa menjadi langganan tetap pada produk tersebut,” kata Abri.