
Jakarta, MNEWS.co.id – Instagram secara resmi menghadirkan fitur belanja (Shopping) untuk seluruh akun bisnis dan kreator di Indonesia. Namun, pengguliran fitur ini disebut Instagram akan dilakukan secara bertahap, dan diharapkan dapat memaksimalkan strategi pemasaran di platform jejaring sosial tersebut.
“Fitur Shopping ini telah mulai dirilis untuk akun bisnis di Indonesia secara bertahap, yang kami harapkan dapat membantu usaha di Indonesia beralih ke ranah online terutama selama pandemi, terutama usaha mikro kecil menengah atau UMKM,” ujar Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian.
Fitur ini juga akan tersedia di fitur Instagram TV (IGTV), sehingga Instagram dapat memberikan lebih banyak opsi untuk pebisnis dan kreator dalam menciptakan konten menarik guna menjual produk.
Penggunaan fitur tergolong mudah, namun Instagram menyebut pebisnis perlu melalui sejumlah langkah untuk dapat memanfaatkan fitur Shopping. Langkah tersebut yaitu membuat toko via Commerce Manager terlebih dahulu, kemudian pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur ini.
Setelahnya, pelaku bisnis dapat mengakses profil dengan menekan ikon tiga baris di laman profil Instagram. Di laman tersebut, pilih Pengaturan, Bisnis dan klik Siapkan Instagram Shopping. Kemudian, pelaku bisnis perlu mengikuti langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun.
Proses peninjauan ini untuk menjaga keamanan pelaku bisnis di platform Instagram. Dan Instagram menegaskan bahwa seluruh proses peninjauan untuk permohonan pemanfaatan fitur Shopping ini dilakukan oleh manusia, ditujukan untuk meminimalisir kesalahan.
Dengan demikian, Instagram menyebut bahwa proses peninjauan ini membutuhkan waktu selama beberapa hari atau lebih lama. Untuk mengetahui status peninjauan akun bisnis, pelaku bisnis dapat mengakses fitur Belanja di pengaturan.
Peluncuran fitur Shopping dilakukan secara bertahap. Sejak Juli, Instagram sudah melakukan uji coba di sejumlah toko. Berdasarkan hasil uji coba, fitur ini terbukti memudahkan pengguna menemukan toko favoritnya, sehingga UMKM bisa menjangkau konsumen.
Seluruh fitur bisa diintegrasikan ke Facebook Shop sehingga UMKM bisa membangun bisnis secara bersamaan. Instagram akan terus berinovasi menghadirkan produk, pelatihan, dan platform yang bisa dimanfaatkan pengguna di Indonesia menemukan dan berinteraksi dengan teman, keluarga, dan bisnis favoritnya.