Ilustrasi Pemodalan Bagi Wirausaha Pemula. Foto: google.com
Ilustrasi Pemodalan Bagi Wirausaha. (Foto: google.com)

Palopo, MNEWS.co.id – Sejumlah pelaku Wirausaha Pemula (WP) di Sulawesi Selatan antusias menyambut program Kementerian Koperasi dan UKM dalam hal pemberian bantuan dana WP. Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah melalui Program Nawa Cita guna meningkatkan daya saing di pasar internasional, serta mewujudkan kemandirian perekonomian bangsa.

Andi Safira (18) salah satu yang menerima dana WP sebesar Rp 11 juta mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan usahanya dalam pengolahan kacang kentucky.

“Sehari saya bisa habis lima liter kacang. Bantuan itu akan saya gunakan menambah beli bahan-bahan, lemari es, mixer dan lain-lain,” kata Andi Safira yang mempunyai usaha di jl Ksatria, kel Lemba, kec Lalabata, Kabupaten Soppeng, Rabu (8/8/18), saat dikunjungi Asisten Deputi Permodalan pada Deputi Pembiayaan Kemenkop dan UKM Luhur Pradjarto beserta tim.

Penerima dana WP lainnya di Kabupaten Soppeng antara lain, Nurdahlia yang mempunyai usaha olahan tape dan Satyawati dengan usaha kripik pisang, masing-masing menerima dana WP Rp 11 juta.

Penerima dana WP lainnya Andi Muh Syakur Sudirman (kelas 3 SMA), dengan usaha produksi aneka roti gorengan Alif Roti Soppeng, juga menerima dana WP Rp 11 juta. Di tengah kesibukan sekolah, Ia membuat kue yang dijual ke warkop-warkop. Dalam sehari keuntungan bersih Rp 50 ribu.

“Dengan dana WP saya ingin menambah modal usaha, dengan harapan usaha saya dapat meningkat,” ujar Syakur penuh harap.

Program Bantuan Dana bagi Wirausaha Pemula Kementerian Koperasi dan UKM di Palopo, Kamis, (9/8/18).
Foto: (doc/KemenkopUKM)

Usai menjajal Kabuparen Soppeng, Luhur Pradjarto beserta tim langsung menuju ke ‘Bumi Lasinrang’ Kabupaten Pinrang untuk melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan di Soppeng, yaitu penjelasan pemanfaatan program bagi para pelaku WP.

Salah satu pelaku WP di Kabupaten Pinrang Hardiyanti Rahman, dengan usaha donat hias. Dalam sehari Ia bisa menjual 15 hingga 20 nampan donat. Satu nampan isi 8 yang dijual secara online seharga Rp 25 ribu. Dana WP yang Ia peroleh sebesar Rp 13 juta akan dipergunakan untuk mengembangkan usaha membeli mixer, etalase, perlengkapan kue dan lain-lain. Setelah menjalani usaha selama dua tahun, usahanya makin berkembang maka perlu tambahan modal.

“Target saya nanti sehari bisa 50 nampan kue. Insya Allah bantuan dana WP ini sangat bermanfaat untuk menambah modal usaha kami,” ujar Hardiyanti.

Luhur beserta tim juga menyempatkan mampir ke usaha toko Donat Lylo di Pinrang yang dikelola Suhemi Askin beserta suami. Ia merupakan penerima dana WP tahun lalu sebesar Rp 13 juta. Kini usahanya sudah berkembang pesat. Omset per hari berkisar Rp 2 hingga 3 juta. Padahal sebelum menerima dana WP omsetnya cuma sekitar Rp 1 jutaan per hari. Donat yang Ia produksi dijual melalui online maupun offline.

Kepada para penerima dana WP, Luhur Pradjarto berpesan, bantuan dana WP ini diharapkan dapat memotivasi WP untuk tumbuh dan berkembang. Dana ini semuanya untuk modal kerja, tidak boleh digunakan membayar karyawan, bayar listrik, sewa kios dan yang lainnya.

Ia menambahkan, dana ini untuk meningkatkan skala usaha serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Program ini merupakan bantuan dari pemerintah, karenanya tolong manfaatkan dengan baik. Pemakaiannya harus hati-hati dan amanah,” harap Luhur.

Dana hibah ini harus dilaporkan menggunakan aplikasi Laporan Keuangan Mikro (Lamikro) ke Dinas Koperasi dan UKM yang ditembuskan ke pusat, supaya dapat diketahui perkembangannya, apakah meningkat, tetap atau berkurang modalnya.

Laporan dilakukan tiap semester selama dua tahun. Ia berharap, bantuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan produk (diversifikasi produk) sehingga menghasilkan produk yang mempunyai nilai tinggi.

Karena produknya makanan, Luhur minta harus dijaga kebersihan dan higienisnya, supaya masyarakat sehat. Kemasannya juga harus bagus dan menarik. Supaya aman, harus ada Ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Untuk itu ia minta WP menghubungi Dinaskop dan UKM untuk mengikuti pelatihan-pelatihan.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Perdagangan, Perundustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Soppeng Andi Makkaraka sangat berterima kasih kepada Kemenkop dan UKM. Dana itu sangat membantu masyarakat yang baru memulai usaha.

“Kita akan awasi sesuai dengan peruntukannya. Akan kita berikan pelatihan sehingga skillnya bertambah. Pemasaran juga kita bantu dengan mencari pangsa pasar dan diikutkan ke pameran-pameran,” papar Andi.