RPX Luncurkan IRG, Permudah UKM Perluas Pasar Ekspor

Dewi Fadhilah Soemanagara | 28 Oktober 2019, 19:40 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Sektor usaha kecil dan menengah (UKM) terus berkembang pesat dan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun sayangnya, mereka memiliki kesulitan memasuki pasar global untuk bisa bersaing dengan produk dari negara lain. Biaya pengiriman ke luar negeri yang relatif mahal serta ketidak tahuan akan kelengkapan yang dibutuhkan menjadi kendala bagi UKM.

RPX pionir pengiriman logistik terpadu (One Stop Logistics) menghadirkan International Regular (IRG) yaitu, layanan kiriman logistik internasional door to door harga terjangkau dengan menggunakan jalur udara. Layanan RPX Internasional terbaru ini akan menghubungkan Indonesia ke lebih dari 30 negara tujuan di 4 benua. Kehadiran IRG melengkapi layanan internasional dengan menjangkau pasar yang lebih luas melalui harga yang ekonomis.

"Pengiriman barang keluar negeri saat ini memiliki peran penting terutama dalam mendukung UKM memasuki pasar global. RPX beberapa kali berdialog dengan para UKM dan menangkap kendala mereka salah satunya pada sisi harga. Untuk itu, kami ingin memberikan alternatif layanan pengiriman keluar negeri dengan harga terjangkau namun tetap memperhatikan mutu layanan,” ungkap Eko Marhendro, VP Express RPX Group, pada Senin (28/10/2019).

Selain itu, Ia megungkapkan pengiriman barang ekspor menggunakan layanan IRG tidak mengharuskan para pelaku UKM untuk mengirim dalam jumlah besar atau bahkan berkontainer-kontainer.

Pemecahan masalah tidak hanya sampai di situ, pelanggan layanan IRG juga tidak perlu memikirkan masalah kepabeanan atau customs clearance barang yang diekspor karena semua sudah ditangani oleh pihak RPX hingga barang tersebut sampai di tangan penerima.

“Jadi dengan menggunakan layanan IRG bisa dikatakan pelanggan tinggal duduk manis saja, RPX yang akan pick up barang dan mengurus segala kebutuhan ekspor dari mulai proses kepabeanan di negara asal hingga ke negara tujuan sampai mengantarkan ke penerima. Semua itu sudah termasuk dalam biaya IRG, sangat terjangkau sekali,” tambah Eko.

Kehadiran layanan IRG tentunya tidak hanya membuka peluang bagi pelaku UKM untuk go international, tetapi juga mendukung cost efficiency bisnis yang membutuhkan layanan internasional. IRG memiliki negara tujuan lebih dari 30 negara di antaranya India, Turki, Cina, Qatar, Prancis, Jerman, Spanyol, Australia, New Zealand, USA, Kanada, dan masih banyak lagi.

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar