Wakil Wali Kota Sachrudin hadir dalam kegiatan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan & Pembinaan Kelompok Usaha. Selasa (19/11/19). (Foto: Antaranews)
Wakil Wali Kota Sachrudin hadir dalam kegiatan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan & Pembinaan Kelompok Usaha. Selasa (19/11/19). (Foto: Antaranews)

Tangerang, MNEWS.co.id – Beberapa ibu rumah tangga di Tangerang, mendapatkan pelatihan mengenai keterampilan wirausaha melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bisa dilakukan di rumah. Sebanyak 235 orang mendapatkan pelatihan yang diadakan pada Selasa (19/11/19) di Aula Gedung MUI Kota Tangerang.

H. Sachrudin selaku Wakil Wali Kota Tangerang mengatakan, kegiatan ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan serta pembinaan kelompok usaha. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Mereka yang kebanyakan berstatus sebagai Ibu rumah tangga juga ingin berpenghasilan dan membantu perekonomian keluarga,” terang Sachrudin di acara itu.

Sachrudin menjelaskan bahwa komitmen Pemkot Tangerang  terus mendorong peranan wanita, dalam berwirausaha melalui kegiatan – kegiatan yang mengedukasi serta memberikan solusi untuk permasalahan yang akan dihadapi.

“Melalui kegiatan seperti ini saya harapkan para ibu dapat paham bagaimana cara kerjanya seperti menghitung modal, menentukan harga kemudian cara memasarkan produknya,” ungkap Sachrudin.

Sementara itu kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan KB (P3AP2KB) Heryanto mengatakan bahwa produk yang dihasilkan dari kegiatan bagi kaum ibu yang berlangsung selama satu hari ini cukup bervariasi.

“Mulai dari kerajinan tangan seperti pengolahan tas dari bungkus kopi instan, aneka keripik hingga batik khas Tangerang,” katanya.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pelatihan, namun juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama peningkatan kualitas hidup perempuan bagi perempuan pelaku industri rumahan se-Kota Tangerang.