Peresmian ACOM 2020 dan juga ACOM Talks Vol. 1 yang diadakan oleh Moka Pos bertempat di di The Lounge XXI Plaza Senayan, Jakarta, Kamis, (30/1/20). (Foto: Dok MNEWS)
Peresmian ACOM 2020 dan juga ACOM Talks Vol. 1 yang diadakan oleh Moka Pos bertempat di di The Lounge XXI Plaza Senayan, Jakarta, Kamis, (30/1/20). (Foto: Dok MNEWS)

Jakarta, MNEWS.co.id – Moka sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan kasir online, kini menghadirkan inovasi baru dalam program A Cup of Moka (ACOM). Nantinya, Moka akan menghadirkan partisipan yang lebih inklusif dengan konten berkualitas untuk memperkenalkan teknologi digital pada UKM.

Melalui kegiatan ACOM, diharapkan semangat Moka untuk tumbuh dan berkembang bersama pelaku UKM, dapat mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas  dan dapat berdaya saing. Pada Kamis (30/1/20), Moka meresmikan kegiatan pertama A Cup of Moka di tahun 2020 bertempat di The Lounge XXI Plaza Senayan, Jakarta.

Sepanjang 2019, ACOM telah mengedukasi lebih dari 2.000 pelaku usaha di 13 kota melalui puluhan acara sepanjang tahun 2019 di seluruh Indonesia. Selain itu, saat ini ACOM juga bekerja sama dengan 124 institusi seperti pemerintahan, penyelenggara swasta, akademis, LSM, dan lainnya.

Kedepannya, Moka berkomitmen untuk mengadakan kegiatan ACOM dalam skala yang lebih besar, dengan menghadirkan pemateri lebih bervariasi dan lebih berkualitas. Kegiatan ini terbagi menjadi dua format baru yaitu ACOM Talks series berupa workshop yang terdiri dari sesi inspirasi dari pelaku usaha dan pembicara yang berkaitan untuk berbagi pengalaman dan key learning, serta praktik yang langsung mengajarkan peserta untuk membuat atau mencoba belajar sesuatu. Selanjutnya ada ACOM Forum yang membahas diskusi in-depth mengenai isu pengembangan UKM dengan para ahli dari pemerintah, LSM, swasta, startup dan pihak lainnya. 

Haryanto Tanjo selaku CEO & Co-Founder Moka, saat membuka sambutan mengatakan mengenai pengaruh ekosistem bisnis digital yang dibangun oleh Moka untuk keberlanjutan UKM di Indonesia. Ia menjelaskan Moka telah membantu merchant yang berjumlah Rp21,6 Triliun untuk perekonomian Indonesia 2019, dan melalui Moka Capital, Moka telah menyalurkan lebih dari Rp40 Miliar untuk permodalan usaha UKM di Indonesia.

Selanjutnya pada sektor penerimaan transaksi mobile payment melalui platform Moka telah mencapai Rp1,1 Triliun sepanjang 2019. Haryanto lanjut menjelaskan, digitalisasi dari layanan yang diberikan Moka sudah sepantasnya didampingi dengan wadah edukasi yang sesuai. 

Acara ini juga menghadirkan Leonard Theosabrata Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran KUKM (Smesco) menyatakan bahwa diperlukan peran aktif dari seluruh pihak mulai dari pemerintah, swasta, komunitas untuk bersinergi memajukan UKM di Indonesia.

“Kita harus mulai fokus untuk menaikkan jumlah ekspor di Indonesia, untuk itu, harus dibekali dengan beberapa pengetahuan dasar untuk meningkatkan mutu dan daya saing,” katanya.

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia, sebesar 6% dari usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia ditargetkan naik kelas dari usaha kecil menjadi usaha menengah dan dari usaha menengah untuk bersaing ke pasar global.

Kegiatan ACOM juga menghadirkan Jacqueline Karina selaku pemilik bisnis Kokumi, yang membagikan kisah dalam merintis bisnisnya. Diskusi interaktif kemudian dilanjutkan dengan peresmian ACOM 2020 dan juga ACOM Talks Vol. 1 yang diisi oleh Bayu Ramadhan VP Brand & Marketing Moka, Patrix Tenario Creative Content Director Group M, serta Yusuf Adam yang memberikan pelatihan mengenai stop motion video dan foto.