Jakarta, MNEWS.co.id – Salad merupakan makanan sehat yang banyak penggemarnya dan merupakan peluang usaha menarik untuk dijalankan. Kehadiran salad menjadi salah satu cara baru untuk menikmati sayuran dengan cara yang lebih unik dan tidak membosankan. Sehingga banyak pula usaha pembuatan salad sayur yang muncul dengan melihat peluang pasar ini.
Adalah Bunga, pelaku usaha asal Jakarta mulai menekuni usaha salad sayur bernama Super Salad sejak tahun 2018. Hal ini dilatarbelakangi oleh kegemarannya membuat salad untuk konsumsi pribadi yang ternyata mendapatkan respon positif dari rekan kerjanya. Rekan kerjanya yang menyukai salad buatan Bunga ini memberi saran agar Ia menjual salad buatannya. Akhirnya, Bunga memberanikan diri menjual salad sayur secara online bernama Super Salad dengan sistem pre-order (PO).
Walaupun kini penjualan salad sayur sudah banyak yang menjamur, rupanya tidak membuat Bunga patah semangat. Ia justru selalu menawarkan promo produknya terus-menerus, sebagai strategi awal usahanya dalam mencari brand awareness kepada rekan kantor serta lingkungan sekitarnya.

“Alasan buat usaha salad sebenarnya ingin menyadarkan pentingnya mengonsumsi makanan sehat khususnya buat para pekerja kantor. Karena emang seringkali deadline pekerjaan membuat kita sembarang memilih makanan,” ujar Bunga kepada M-News.
Bunga menambahkan bahwa salad sayur buatannya berbeda dengan yang lain, karena dibuat dari sayur dan buah segar pilihan dan dipadu dengan saus homemade kental alami tanpa maizena serta pemanis buatan.
Super Salad menggunakan bahan baku yang diambil langsung dari petani lokal dengan memperhatikan kualitas yang paling baik. Bunga mengklaim dapat menjamin keamanan bahan baku, karena Ia sendiri turun langsung dalam memilih sayuran yang disajikan dan dicuci menggunakan air matang, sehingga konsumen tidak perlu khawatir terhadap kualitasnya.
Dalam proses produksi, Bunga dibantu oleh dua orang karyawan di lokasi produksi di Kalideres, Jakarta Barat, untuk mengolah sayurannya. Untuk harga Super Salad, Ia membanderol Rp25.000,- hingga Rp40.000,- dan untuk produk dalam bentuk paket berkisar dari Rp175.000,- hingga Rp275.000,- dengan berbagai variasi pilihan salad.
Selain salad sayur, Bunga juga menghadirkan beberapa menu lainnya mulai dari smoothie buah, salad tuna dan ayam, sandwich tuna, smokebeef chiz sandwich, smokebeef chiz wrap, tuna wrap, dan chicken wrap.
Selama masa pandemi, Bunga mengaku usahanya terkena dampak seperti penurunan omzet karena banyaknya para karyawan yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Selain itu, tantangan yang dialami olehnya adalah ketika ingin membuka cabang di tempat baru dengan segmen pasar yang berbeda dari sebelumnya. Tidak dipungkiri, Bunga harus berjuang lagi dari nol untuk mengenalkan produknya ke pasar.
Saat ini Bunga hanya menjual saladnya di daerah Jakarta dan sekitarnya secara online dengan mempromosikan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, marketplace, dan website. Sementara itu untuk pemasaran secara offline, Bunga melakukannya dengan membagikan brosur kepada calon konsumennya dan menawarkan produk kepada rekan-rekannya.