Ilustrasi Kuliner Indonesia. (Foto: Unsplash/Ariv Kurniawan)
Ilustrasi Kuliner Indonesia. (Foto: Unsplash/Ariv Kurniawan)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Elly Hutabarat mengatakan, salah satu upaya pemerintah dalam mengenalkan pariwisata Indonesia adalah dengan memperkuat kuliner khas daerah. 

Kuliner Indonesia mempunyai banyak sekali peluang besar sekaligus memajukan sektor pariwisata. Sebagai contoh, negara Thailand wisatanya semakin berkembang karena faktor kulinernya.

“Satu hal yang kita harus kuatkan itu kuliner, Thailand itu 20 tahun lalu, mana ada yang tahu Thai food. Karena pemerintahnya membantu untuk membangun restoran di Amerika, standarnya mereka perhatikan, kebersihannya, makanannya, tingkat keterangan ruangannya,” kata Elly.

Elly menjelaskan restoran Indonesia harus memiliki dekorasi yang menarik serta penyajian makanan yang unik. Karena dengan keunikan tersebut akan menghasilkan devisa yang besar dengan pengelolaan yang tepat.

“Coba restoran Indonesia di Washington, tutup karena dekorasinya enggak menarik. Dari dulu interiornya pakai kipas, atau peta Indonesia dari batik. Misalnya yang khas apa rendang, dibikin menarik penyajiannya,” katanya.

Ia juga menambahkan,  Indonesia juga harus pandai memperhatikan kompetitor salah satunya adalah negara Vietnam. Karena saat ini, Vietnam sudah mulai memperkuat sektor kulinernya.

“Yang harus diwaspadai sekarang adalah Vietnam, mereka melalui kulinernya sangat maju. Di Singapura saja ada berapa puluh restoran Vietnam, di Amerika di tiap sudut ada. Kuliner itu bisa jadi duta yang luar biasa untuk memperkenalkan kita,” jelas Elly.