Jamkrindo Targetkan Volume Penjaminan Rp231,5 Triliun pada 2020

Regina Mone | 03 Desember 2019, 10:19 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Perum Jamkrindo menargetkan volume penjaminan pada tahun 2020 mencapai Rp231,5 triliun, terdiri atas penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp95 triliun dan non-KUR Rp136,5 triliun.

Direktur Keuangan Perum Jamkrindo, I Rusdonobanu dalam keterangannya di Jakarta, Senin (2/12/19) mengatakan, target volume penjaminan tahun 2020 didorong antara lain oleh kenaikan plafon penyaluran KUR menjadi Rp190 triliun yang dimulai pada 2020 serta masifnya pembangunan infrastruktur dan memanfaatkan peluang dari sinergi dengan sejumlah BUMN.

“Sebagai salah satu BUMN, Perum Jamkrindo selalu fokus pada tugas inti dalam memberdayakan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK). Kami optimis target penjaminan bisa tercapai,” kata Direktur Keuangan Perum Jamkrindo, I Rusdonobanu.

Menurutnya, bisnis Jamkrindo akan lebih banyak dikontribusi dari produk non-KUR yang mencapai sekitar 70 persen, selebihnya atau sekitar 30 persen berasal dari KUR.

Sementara itu, Direktur MSDM Umum dan Kepatuhan Umum, Sulis Usdoko mengatakan, perusahaan mendukung kemajuan UMKM melalui peningkatan aksesibilitas finansial UMKMK, penyediaan penjaminan yang inovatif, kompetitif dengan pelayanan profesional, efektif, dan efisien secara berkelanjutan.

Untuk mengakselerasi percepatan peningkatan kapabilitas dan kualitas UMKM nasional, Perum Jamkrindo juga berusaha menciptakan ekosistem bagi UMKM.

Salah satu contoh nyata Perum Jamkrindo adalah dengan menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi tentang peningkatan perekonomian masyarakat berbasis kampanye anti sampah plastik di Ciletuh Pelabuhan Ratu Unesco Global Geopark.

Sebagai daerah yang memiliki potensi ekonomi pariwisata, Perum Jamkrindo menyadari bahwa permasalahan sampah di kawasan sekitar Ciletuh penting untuk dibenahi agar wisatawan bisa datang.

“Awalnya kami masuk dengan kampanye bebas sampah, namum pada ujungnya kami akan melakukan pemberdayaan bagi UMKM dan masyarakat di Ciletuh,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, Perum Jamkrindo juga berpartisipasi dalam merehabilitasi hutan berupa penanaman 500 pohon di kawasan hulu Sungai Ciliwung, di Desa Tugu Utara Puncak, sebagai wujud kerja sama dengan Perhutani Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Puncak Lestari.

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar