Ilustrasi mitra Gofood.(Foto: Gojek)

Jakarta, MNEWS.co.id – GoFood berkolaborasi dengan TikTok, untuk membekali pelaku usaha dengan tips sukses memasarkan produk kuliner melalui media sosial. Sebab pemasaran produk melalui platform digital semakin menjadi faktor penentu pertumbuhan usaha UMKM  di Indonesia, termasuk bagi para pelaku usaha di sektor kuliner.

Edukasi ini diinisiasi TikTok dengan misi #MajuBarengTikTok yang sejalan dengan semangat #MelajuBersamaGojek, dan diselenggarakan secara daring pada 3 hingga 29 Juni 2021.

VP Merchant Marketing Gojek Indonesia, Bayu Ramadhan mengatakan, pemanfaatan media sosial sudah semakin lumrah di kalangan UMKM. Namun ada beberapa hal mendasar yang masih luput dari perhatian pelaku usaha saat menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis.

“Kami sangat antusias dapat berkolaborasi dengan platform dengan misi yang serupa agar dukungan kami berupa edukasi ini dapat memberi manfaat untuk lebih banyak UMKM kuliner di Indonesia, dengan menghadirkan tema edukasi yang semakin lengkap dan beragam,” kata Bayu dikutip dari Medcomm.

Bayu menjelaskan kerja sama dengan TikTok ini merupakan bagian dari upaya konsisten GoFood mendukung UMKM kuliner melaju melalui inovasi teknologi dan non-teknologi.

“Di masa yang akan datang, GoFood selalu terbuka  untuk kerja sama dan sinergi dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah, platform teknologi, maupun organisasi, yang berkomitmen untuk bergerak bersama untuk mendukung UMKM di Indonesia semakin melaju dengan go digital,” ungkapnya.

Sejalan dengan itu, Head of SMB TikTok Indonesia, Pandu Nitiseputro juga mengungkapkan dukungan platform TikTok bagi pertumbuhan UMKM. “Sebagai platform distribusi video singkat, kami telah menyediakan berbagai fitur dan tools yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai jenis kategori UMKM, termasuk kuliner untuk menumbuhkan usahanya. Kami percaya, kecakapan dalam memanfaatkan teknologi juga harus diimbangi dengan edukasi,” kata Pandu.

Program ini diikuti secara gratis oleh para pelaku UMKM di Indonesia serta didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), GoFood, dan sejumlah mitra perusahaan lainnya.