Busana Muslim dengan brand Kapake yang diproduksi Iyang, pelaku UMKM di Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Ferrye Bangkit Rizki)

Bandung, MNEWS.co.id – Datangnya bulan suci Ramadan, memberikan berkah tersendiri bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sektor fesyen muslim di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Meski hanya di bulan Ramadan, namun dengan banyaknya orderan fesyen muslim berpotensi meningkatkan ekonomi bagi pelaku UMKM. Keberkahan hal ini dirasakan langsung oleh Iyang, pelaku usaha asal Kampung Kaler, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat.

Dilansir dari Suara Jabar, Iyang mengatakan bisa meraup keuntungan hingga Rp1.2 miliar dalam waktu setahun. “Saya tak mau cari untung terlalu besar, yang penting ‘kapake’ (bisa dipakai) sesuai namanya,” ujar Iyang.

Usaha fesyen muslim yang dibangun sejak tahun 2010 dengan merek ‘Kapake’, memiliki makna tersendiri baginya yakni agar produknya bisa terpakai oleh konsumennya. Busana muslim menjadi pilihannya karena bagi umat Islam bagian dari ibadah adalah dengan menutupi aurat dengan busana muslim.

Desain baju produk Kapake dibuat secara elegan, menarik, dan dirancang secara limited tanpa mengikuti tren terkini. Sementara untuk bahan baku menggunakan bahan dengan kualitas tinggi. Produk Kapake memiliki kualitas yang setara dengan butik namun dibanderol dengan harga sangat murah dan terjangkau berkisar Rp100.000 hingga Rp250.000.

“Baju gamis identik dengan hijrah, tapi sayang bajunya banyak yang mahal-mahal. Karena itu, saya punya niat bikin baju bagus, tapi harganya kaki lima,” ungkapnya.

Memasuki tahun 2020, Iyang sempat merasa khawatir akan usahanya terkena dampak masa pandemi. Hal ini dikarenakan  di tahun lalu memang hampir seluruh perekonomian pelaku UMKM sangat terkena imbasnya.

Namun, Ia pun tetap optimis dengan terus mempertahankan produk busana muslimnya yang masih diminati oleh para pelanggannya. Salah satunya adalah dengan banyaknya konsumen yang memesan produk Kapake hingga mendapatkan omzet mencapai Rp1.2 miliar.

Iyang menambahkan memasuki bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, Ia terus fokus untuk menghadirkan produk yang semakin kreatif agar semakin diminati oleh para konsumen. Ia juga berharap produk Kapake tak hanya laris manis namun dapat digunakan oleh semua kalangan.