A Cup of Moka, Secangkir Edukasi Bagi UKM Indonesia

Dewi Fadhilah Soemanagara | 22 Januari 2019, 17:21 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah Indonesia memiliki visi untuk memajukan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di era revolusi industri 4.0 agar mampu bersaing dan berinovasi dengan teknologi. Salah satu cara yang diprioritaskan adalah program UKM Go-Online agar UKM di Indonesia lebih melek digital.

Di Indonesia, jumlah UKM yang sudah melek digital masih berada di bawah angka 20 persen dari total keseluruhan UKM. Jumlah ini tentu masih sangat kurang, padahal pemanfaatan teknologi bisa mendorong produktivitas UKM untuk terus dan berkembang.

Moka, startup buatan anak bangsa sebagai penyedia layanan Point of Sales berupaya untuk memberikan kontribusi dalam memfasilitasi UKM agar dapat memanfaatkan teknologi digital. Oleh karenanya, Moka pun menginisiasi sebuah program yakni A Cup of Moka (ACOM), sebuah kegiatan berbasis edukasi teknologi digital khusus untuk UKM Indonesia.

VP Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan, menuturkan bahwa kini Moka sedang membangun Moka Learning Hub, sebuah pusat berbagi ilmu dan inspirasi seputar bisnis melalui medium online maupun offline. Guna memaksimalkan inisiatif A Cup of Moka yang bersifat online, publik dapat mengakses Moka Blog dan konten edukasi berupa e-book seputar tren bisnis dengan tema berbeda setiap bulannya, yang bisa diunduh secara gratis di situs Moka.

“Sebagai startup yang memberikan solusi kemudahan operasional bagi bisnis, kami di Moka sangat mengharapkan agar para pelaku UKM dapat berkembang dan semakin maju melalui A Cup of Moka. Berdasarkan riset yang ditemukan oleh tim data di Moka, salah satu hal yang diharapkan oleh pelaku UKM dari startup Indonesia adalah media untuk belajar mengenai bisnis yang dijalani,” jelas Bayu dalam Konferensi Pers Peluncuran “A Cup of Moka” di CGV Cinema fX Sudirman, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Dalam A Cup of Moka, pelaku UKM akan memperoleh berbagai manfaat, di antaranya yaitu konten edukatif berisi materi data-driven yang terbagi menjadi business practice dan business inspiration. Disini akan dipadukan ilmu praktikal dan inspirasi bisnis dalam mengembangkan usaha, mulai dari ilmu pemasaran UKM, manajemen keuangan, manajemen operasional, penggunaan media sosial untuk UKM, hingga ilmu mengenai foto produk yang tepat untuk target pasar.

Manfaat berikutnya, wadah kolaborasi bagi komunitas dan pelaku UKM yang ingin terlibat langsung dengan program-program yang diadakan oleh A Cup of Moka. Disini, para pelaku UKM maupun komunitas dan masyarakat umum bisa saling berbagi ilmu, mempromosikan komunitas dan brand masing-masing, networking, maupun berpartisipasi dalam acara-acara UKM.

“Bangkitnya startup teknologi di Indonesia tidak terlepas dari kontribusi dan kepercayaan para pelaku UKM. Untuk itu, saat inilah kita bisa hadir membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya menjadi semakin cerdas dan berkualitas,” pungkas Bayu.

Sebelumnya, Moka sudah diadakan di 5 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Bandung. Sebanyak 200 lebih pelaku UKM serta puluhan mitra dari industri berbeda sudah merasakan manfaatnya. Di tahun 2019 ini, Moka menargetkan setidaknya ada 37 kali sesi A Cup of Moka yang akan memfasilitasi lebih dari 2000 pelaku UKM termasuk di kota-kota lain di luar pulau Jawa.

Ke depannya, A Cup of Moka juga terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti pemerintahan, penyelenggara swasta, akademisi, LSM, dan sebagainya. Bagi yang ingin menjadi bagian dari secangkir edukasi UKM dalam A Cup of Moka, bisa langsung mengakses situsnya di SINI

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar