Dukung Pelaku UKM, Facebook Perkenalkan Fitur Facebook Shops di Indonesia. (Foto: Blog Facebook)

Jakarta, MNEWS.co.id – Facebook terus mendorong transformasi digital para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia, terutama di tengah masa pandemi saat ini. Salah satu cara yang dilakukan Facebook adalah dengan menghadirkan fitur toko online, Facebook Shops, dalam membantu UMKM yang mengalihkan penjualannya secara online untuk menjangkau konsumen saat pandemi corona.

Facebook Shops adalah layanan lintas platform tempat pelaku UKM bisa mendirikan toko online secara kreatif dan dapat diakses oleh konsumen baik di aplikasi Facebook maupun Instagram.

Pieter Lydian, Country Director Facebook Indonesia menjelaskan, fitur ini merupakan bentuk komitmen Facebook memberdayakan pelaku UKM. “Komunitas yang berada di atas Facebook dan Instagram terhubung sangat erat dengan aktivitas jual beli dan mereka ingin aktivitas ini terus digerakkan oleh interaksi yang terjadi di atas platform,” katanya dilansir dari Antara.

Melalui Facebook Shops, konsumen dapat melihat seluruh produk yang ditampilkan pemilik bisnis dan menandai gambar dari produk yang disukai. Konsumen juga dapat menghubungi pemilik bisnis tersebut melalui direct message, WhatsApp atau messenger untuk bertanya dan mendapatkan informasi produk seperti jika berbelanja di e-commerce.

Banyak pelaku usaha di Indonesia memang telah meningkatkan aktivitasnya di Facebook dan Instagram. Karenanya, perusahaan merasa perlu memperkuat aktivitas tersebut dan membangun solusi untuk membantu para pelaku usaha. 

“Kegiatan jual-beli yang digerakkan oleh komunitas ini akan menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan mampu memberdayakan lebih banyak orang saling terhubung kapan pun dan dimana pun mereka berada,” ungkap Pieter.