Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobi yang membuka secara resmi One Day Training Sahabat UMKM. (Foto: Bryan Bimantoro)
Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobi yang membuka secara resmi One Day Training Sahabat UMKM. (Foto: Bryan Bimantoro)

Belitung, MNEWS.co.id – Komunitas Sahabat UMKM mengadakan kegiatan One Day Training sekaligus pelatihan Badan Pengurus Daerah (BPD) Belitung di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Belitung, Kamis (29/8/2019).

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Komunitas Sahabat UMKM, Faisal Hasan Basri mengatakan, jika Sahabat UMKM merupakan sebuah komunitas independen yang mempunyai misi untuk menjadi mitra strategis dalam menumbuh kembangkan UMKM Indonesia yang berdaya saing.

Diadakannya kegiatan One Day Training dan pelantikan BPD Belitung diharapkan dapat men-support pelaku UMKM Belitung sesuai dengan kebutuhannya dan memaksimalkan sinergi dengan pihak-pihak terkait agar UMKM di Belitung ini dapat naik kelas.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobi yang membuka secara resmi One Day Training Sahabat UMKM menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini dan berharap Sahabat UMKM dapat menjadi komunitas yang akan menemani perjalanan pelaku UMKM Belitung.

Isyak mengatakan wirausahawan seharusnya menginspirasi yang lain dan mau berbagi. Isyak juga berbagi kunci sukses untuk berwirausaha, yakni Mimpi, Mental, Manpower (SDM yang berkualitas), Money, Management, dan Market.

Isyak mengajak peserta One Day Training Sahabat UMKM untuk dapat menguasai faktor-faktor tersebut dan membawa usaha-usaha yang ada di Belitung ke seluruh Indonesia.

Menurut Isyak, wirausaha harus bisa menciptakan pasar, bukan menunggu pasar. “Penduduk Belitung ini hanya 180 ribu ibu-ibu bapak-bapak. Jadi kalau hanya menunggu pasar, kesempatannya kecil sekali,” kata Isyak.

Zaman sekarang, lanjut Isyak, teknologi sudah maju dan memudahkan. Menciptakan pasar sudah tidak lagi sulit karena terbantu dengan e-commerce yang ada.

Isyak berpesan kepada BPD Sahabat UMKM Belitung yang akan dilantik untuk segera melakukan kegiatan yang konkrit bagi pelaku UMKM di daerahnya.

“Lahirkan usaha dari Belitung ke seluruh Indonesia, pengusaha Belitung sukses di Nusantara,” pungkasnya.

Ketua BPD Sahabat UMKM Belitung, Melly Susanti mengatakan, saat ini ada sekitar 200 pelaku usaha di Bangka Belitung yang tergabung dalam komunitas Sahabat UMKM. Ke depannya, untuk meningkatkan kompetensi pelaku usaha juga akan diperbanyak kegiatan pelatihan bagi UMKM Bangka Belitung.

Dalam kegiatan One Day Training ini, Sahabat UMKM menggandeng WowBid, BayarInd, dan M-Direct sebagai pembicara dalam kegiatan pelatihan bagi para pelaku UMKM Bangka Belitung. Masing-masing pembicara menyampaikan materi yang berhubungan dengan pengembangan kompetensi pelaku UMKM untuk bersaing secara global.