Pelaku UMKM Medan Diajak untuk Manfaatkan Kemajuan Ekonomi Digital

Rasti R | 09 September 2019, 03:48 WIB

Medan, MNEWS.co.id - Seluruh para pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) di Kota Medan diharapkan dapat selalu berinovasi serta menghasilkan produk UMKM yang berkualitas sehingga laku di pasaran. Di samping itu, mereka  harus bisa memanfaatkan kemajuan ekonomi digital guna mendukung kemajuan  usahanya. Dengan demikian pelaku UMKM yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara  bisa lebih maju dan berkembang.

Hal ini disampaikan oleh Dzulmi Eldin selaku Wali Kota Medan, dalam pembukaannya di acara Tribun Bincang Bisnis Bersama HP Inc. Indonesia di Grand Mercure Hotel Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, pada Sabtu (7/9/19). Kegiatan ini mengambil tema “Memperkuat Eksistensi UMKM Dalam  Menghadapi Revolusi Industri 4.0”.

Eldin mengatakan, salah satu cara agar bisa  keluar dari kesulitan ekonomi adalah dengan memanfaatkan teknologi ekonomi. Terlebih saat ini Revolusi Industri 4.0 menjadikan proses digitalisasi, robotisasi, internet of things dan big data sebagai ciri khasnya. “Jika kita mampu mengoptimalkan kemudahan yang ditawarkan Revolusi 4.0, insya Allah saya yakin ekonomi dan bisnis kita akan tumbuh subur dengan menjadikan UMKM sebagai basis ekonomi yang akan menyelamatkan perekonomian Indonesia di masa mendatang,” katanya.

Eldin memaparkan jika jumlah industri kecil menengah (IKM) nasional akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan yang diperkirakan mencapai 70% dari total penduduk Indonesia tahun 2025 mendatang. Dirinya juga mengingatkan agar seluruh pelaku UMKM yang hadir dalam acara itu dapat belajar banyak dari pelaku bisnis yang sudah professional dibidannya. Kegiatan yang dilaksanakan ini, diharapkan dapat mendukung perkembangan ekonomi kreatif masyarakat di Kota Medan.

 “Selain itu saya juga menginginkan para pelaku UMKM yang hadir  akan terinspirasi untuk turut serta secara langsung dengan cara menjadi pelaku ekonomi dan bisnis di Tanah Air. Semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ekonomi dan bisnis, maka saya yakin akan semakin cerahlah masa depan perekonomian di Indonesia, terkhusus di Kota Medan nantinya,” paparnya.

Selain itu, dalam acara ini juga menghadirkan tiga narasumber yakni Alexander Zulkarnain, Morris Alexander Sinaga serta Tri Handayani. Para pelaku UMKM yang hadir pun menggunakan kesempatan itu untuk menggali informasi dan trik guna memajukan usaha dari para narasumber.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar