UMKM Festival 2019 Telah Menetapkan Pemenang Kompetisi Kemasan Produk

Rasti R | 13 Agustus 2019, 10:01 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Moka dan FOKUS UMKM dan berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM telah menggelar Festival Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) 2019 yang dilaksanakan sejak tanggal 1 Juli hingga 31 Juli 2019. Festival ini diadakan dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional 2019 serta untuk memacu semangat para pelaku UMKM untuk semakin berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan produknya.

Pelaksanaan UMKM Festival 2019 pun disambut dengan antusiasme yang luar biasa oleh para penggiat UMKM terhadap kompetisi ini yaitu dengan banyaknya peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia serta berbagai macam bisnis yang mereka miliki.

UMKM Festival 2019 akhirnya telah menetapkan tiga pemenang yang telah mengikuti lomba kompetisi kemasan produk, dan kompetisi ini telah diadakan bersamaan dengan pelaksanaan UMKM Festival 2019 yang diikuti sebanyak 77 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia.

Proses penilaian pun telah selesai dan dewan juri telah menetapkan tiga orang pemenang yaitu, peringkat 1 Fredy Chandra Kusumah dengan usaha Rumah Telor ayaHAYAM, untuk peringkat ke 2 ada I Putu Khun Ardyastinova dengan Bali Kreativitas, dan peringkat ke 3 ada Rizkhiah Nurul Afny Kurma Cokelat Zero Degree Food.

Para peserta yang telah memenangkan UMKM Festival 2019 tersebut akan mendapatkan total hadiah senilai Rp10 juta, berlangganan Moka secara gratis selama dua bulan dan juga pendampingan dari Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati.

Victoria br Simanungkalit selaku Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM memberikan apresiasi terhadap kolaborasi ini. Menurutnya, kemasan merupakan suatu bagian yang penting dalam strategi marketing dan tidak hanya untuk melindungi produk, tetapi kemasan juga merupakan unsur yang mempengaruhi minat konsumen pada produk yang berujung pada jumlah penjualan.

Roy Baskoro selaku Ketua Fokus UMKM  juga menyampaikan betapa pentingnya kemasan untuk mendukung bisnis UMKM serta kemasan juga membentuk citra sebuah produk dan sekaligus menjadi elemen agar produk tampak berbeda dengan kompetitor.

“Di era pasar bebas seperti saat ini penting bagi sebuah produk memiliki ciri khas dan keunikan agar dapat melekat di ingatan oleh konsumen. Untuk itu para pelaku usaha dituntut untuk senantiasa kreatif dalam mengemas produknya,” ujar Roy.

Sementara Bayu Ramadhan selaku VP Brand and Marketing Moka menegaskan bahwa Moka akan terus bersinergi dalam pengembangan UMKM Indonesia dan melalui kompetisi yang telah digelar dalam UMKM Festival 2019, diharapkan akan banyak bermunculan produk UMKM unggulan yang dapat bersaing hingga pasar internasional.

Pada tahun 2018 lalu UMKM merupakan fondasi perekonomian nasional dan memberikan kontribusi sebesar  60,34 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional. Untuk tahun ini dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata di atas 5%, UMKM diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap PDB dapat mencapai 65 persen atau sekitar Rp2.394,5 triliun.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar