Kontribusi UMKM Melalui Platform Digital Ini Capai Rp 44 Triliun

Dewi Fadhilah Soemanagara | 31 Mei 2019, 11:39 WIB

Tokyo, MNEWS.co.id – Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) merilis hasil riset pada Maret 2019, yang menunjukkan kontribusi UMKM melalui GOJEK terhadap perekonomian Indonesia mencapai nilai Rp 44,2 Triliun.

Riset yang sama juga mengungkap bagaimana para mitra GOJEK merasa percaya diri dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya melalui kemitraan dengan GOJEK. Hal ini berkaitan dengan temuan riset lainnya yang menunjukkan peningkatan penghasilan rata-rata para mitra (45% untuk mitra GO-RIDE dan 42% untuk mitra GO-CAR), hingga berada di atas Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

Sementara itu, 93% mitra UMKM GO-FOOD mengalami peningkatan volume transaksi setelah bermitra dengan GO-FOOD. Empat manfaat utama yang dirasakan oleh para mitra UMKM adalah usaha menjadi lebih populer (95%), adanya peningkatan frekuensi penjualan (97%), peningkatan omzet (97%), dan mendapatkan pelanggan baru (96%). Ini menambah daftar dampak positif kemitraan dengan GOJEK, yang antara lain membuat 95% penyedia layanan GO-LIFE dalam riset LD FEB UI tersebut merasa percaya diri akan kemampuan mereka untuk memenuhi semua kebutuhan hidup tanpa bergantung pada orang lain.

CEO GOJEK, Nadiem makarim, mengatakan bahwa seluruh pencapaian GOJEK merupakan hasil kerja keras para mitra driver, mitra merchant, serta penyedia layanan, yang telah memberikan manfaat luar biasa bagi jutaan masyarakat pengguna layanan aplikasi GOJEK.

“Kami berharap untuk terus bertumbuh dan berkontribusi lebih banyak lagi di negara-negara tempat kami beroperasi, dengan memanfaatkan teknologi untuk hal-hal positif dan menciptakan dampak sosial ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat,” imbuh Nadiem dalam keterangan tertulisnya di Tokyo, Jepang, pada Rabu, (29/5/2019).

Nadiem menerima penghargaan “Nikkei Asia Prize ke-24 untuk Inovasi Ekonomi dan Bisnis” yang meliputi penghargaan senilai USD30.000 (sekitar Rp430 juta) yang akan disumbangkan untuk membantu biaya pendidikan anak dari para mitra driver GOJEK di Indonesia. GOJEK akan menggandakan donasi tersebut, sehingga terdapat total dana sebesar USD60.000 (sekitar Rp860 juta) yang akan disalurkan untuk bantuan biaya pendidikan anak para mitra driver.

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar