Pameran Karya Kreatif Indonesia 2018, Batu Loncatan UMKM ke Pasar Global

Dewi Fadhilah Soemanagara | 20 Juli 2018, 18:55 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Bank Indonesia menggelar Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2018 yang bertemakan “Sinergitas Pengembangan Pasar Kreatif Indonesia Menembus Pasar Global”, pada hari Jumat-Minggu, 20-22 Juli 2018 di Exhibition Hall A, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat.

“Usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan tulang punggung perekonomian nasional yang menyerap banyak tenaga kerja dan menggerakkan perekonomian daerah,” ujar Iriana Jokowi saat membuka Pameran Karya Kreatif Indonesia 2018, di JCC Senayan, pada Jumat, (20/7/18).

Pernyataan tersebut sekaligus menjadi pembuka acara Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2018 di Jakarta. Pameran dibuka secara langsung oleh Iriana, didampingi oleh Mufida dan Jusuf Kalla.

Lebih lanjut Iriana mengungkapkan bahwa produk-produk UMKM yang dipamerkan adalah produk premium, dalam artian kualitas premium yang dapat bersaing di pasar global sekaligus siap diekspor ke negara-negara lainnya.

Pada pameran KKI 2018 ini, selain terdapat 75 booth yang menampilkan koleksi lengkap kain tradisional Indonesia/nusantara seperti Batik, Tenun, Ulos, dan Songket serta kerajinan tradisional dari seluruh pengrajin UMKM binaan Bank Indonesia yang tersebar di seluruh Nusantara, juga disajikan kuliner dan kopi unggulan Indonesia serta peragaan karya kreatif kain olahan UMKM binaan BI yang bekerja sama dengan desainer nasional.

Produk-produk UMKM yang ditampilkan terdiri dari karya kreatif seperti perhiasan dan kerajinan yang merupakan produk kreatif unggulan yang memiliki nilai orisinalitas tersendiri, memiliki nilai ekonomis dan berkualitas tinggi untuk dapat dipasarkan sebagai produk ekspor.

Masyarakat juga dapat mengetahui lebih jauh seluk-beluk UMKM serta strategi bagi UMKM dalam menembus pasar global melalui berbagai kegiatan talkshow dan workshop. Tersedia pula pojok UMKM sebagai sarana bagi masyarakat untuk berkonsultasi terkait bisnis UMKM.

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar