Adakan Kelas Daur Ulang, Gordi Ajak Penikmat Kopi Peduli Lingkungan

Dewi Fadhilah Soemanagara | 02 Februari 2019, 13:00 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Seiring dengan pesatnya pertumbuhan industri kopi di Indonesia, dari mulai banyaknya pegiat kopi Home Brewers hingga membuka toko atau kedai kopi, jumlah limbah kopi seperti ampas kopi yang terbuang pun semakin bertambah.

Tercatat sebanyak 90 persen dari ampas kopi terbuang sia-sia. Padahal, ampas kopi tersebut memiliki banyak manfaat, salah satunya  untuk kesehatan dan kecantikan kulit khususnya produk skincare. Gordi, sebuah café dan penyedia layanan kopi berlangganan pertama di Indonesia sejak 2016, mengajak coffee enthusiast untuk melestarikan lingkungan.

Gordi bersama dengan Cooltura dan Rebrew mengadakan kelas daur ulang “DIY Beauty Skincare Class” untuk mengedukasi para penikmat kopi tentang pentingnya memanfaatkan ampas kopi agar tidak terbuang percuma. Di kelas ini, peserta diajak untuk membuat face mask, body scrub, dan aromatherapy candle menggunakan bahan dasar ampas kopi serta bahan-bahan alami lainnya.

Para peserta kelas daur ulang ampas kopi antusias dalam menerima ilmu daur ulang
dari Rebrew dan Cooltura, di Gordi Arkadia, Jakarta, Sabtu (2/2/2019). Foto: (doc/MNEWS).

Social Media Manager Gordi.id, Andika Ahmaludin menuturkan antusiasme Gordi dalam upaya melestarikan lingkungan ini. Menurutnya, banyak manfaat dari ampas kopi yang selama ini dibuang begitu saja. Memanfaatkan ampas kopi bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah.

“Kami berharap nantinya para peserta setelah mengikuti kelas ini, bisa mempraktekkan untuk memanfaatkan ampas kopi di rumah,” ujar Andika di acara DIY Beauty Skincare Class, Gordi De Entrance Arkadia, Jakarta, Sabtu (2/2/2019).

Sebelumnya, Gordi sudah melakukan gerakan menolak penggunaan sedotan plastik dan menggantinya dengan stainless steel straw sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Dengan adanya kelas ini, Gordi berharap agar para konsumen bisa lebih sensitif terhadap dampak pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh segala jenis limbah, termasuk limbah kopi.

Sembari mengikuti kelas, peserta juga bisa menikmati pilihan kopi gratis dari Gordi, latte atau cappuccino yang dipersiapkan oleh barista. Gordi juga menawarkan langganan kopi per bulan, fresh beans dari berbagai macam roaster lokal dan internasional, roaster hingga coffee consultant. Saat ini Gordi sudah memiliki 2 cabang, yaitu Gordi HQ di Jeruk Purut dan Gordi Arkadia di TB Simatupang, Jakarta Selatan.

 

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar