Delegasi Asian Games dari Pakistan saat berkunjung ke Smesco Indonesia. Foto: (doc/KemenkopUKM)
Delegasi Asian Games dari Pakistan saat berkunjung ke Smesco Indonesia. Foto: (doc/KemenkopUKM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Perwakilan negara peserta Asian Games 2018, secara bergantian mengunjungi gedung Smesco Indonesia. Kedatangan mereka, disambut ramah oleh sejumlah petugas yang menunggu di gerbang utama galeri. 

“Ini adalah kebiasaan kita dalam menyambut tamu yang berkunjung di Smesco Indonesia, termasuk para delegasi negara yang menjadi peserta Asian Games 2018,” ujar Direktur Utama LLP-KUKM Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi, saat ditemui wartawan, di gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Dia mengatakan, sejak kemarin, para delegasi yang berkunjung ke Smesco, umumnya menyatakan puas, karena produk-produk yang ditawarkan cukup berkualitas dan harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

“Ya memang kita berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka, dengan harapan produk-produk yang ditawarkan dapat memuaskan para pembeli, sehingga produk UMKM kita dikenang di negaranya,” ujar Emilia.

Dia juga berharap, kedatangan para delegasi negara peserta Asian Games 2018 di Smesco Indonesia ini, dapat berdampak positif bagi UKM, sekaligus menjadi stimulus untuk meningkatkan kualitas produknya, sehingga terpacu untuk go internasional.

Sebagaimana diketahui, Smesco Indonesia dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata belanja bagi para gelegasi Asian Games 2018. Sejak Opening Ceremony Asian Games pada Sabtu (18/8/2018) lalu, sejumlah delegasi telah menunjungi dan berbelanja di gedung Smesco Indonesia. Diantaranya adalah, rombongan delegasi Kazakhstan, China, Pakistan, dan sejumlah delegasi negara lainnya.

Pantauan wartawan di gedung Smesco Indonesia, salah seorang delegasi dari Pakistan, Said Ali, sibuk memilih produk yang dipajang di galeri. Keramahan orang Indonesia membuat Said Ali merasa kagum, dan bisa mengetahui segala informasi yang dibutuhkan.

Saat menginjakkan kakinya di booth batik produk unggulan Provinsi Nusa Tenggara Barat, dia tampak tertarik dan rela berlama-lama di sana. Bahkan, dia sempat membeli beberapa potong kemeja batik dengan berbagai corak kesukaannya.

Tak hanya batik, Said Ali juga tampak tertarik dan membeli sejumlah produk unggulan khas dari provinsi lainnya.

Saat ditanya soal harga produk yang ditawarkan di Smesco, dia mengaku cukup terjangkau. “Ya cukup terjangkau, tidak terlalu mahal jika dibandingkan kualitas barangnya,” ujar Said Ali.

Yang paling menarik baginya, adalah keramahan para pelayan yang menawarkan produk unggulan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia ini.

“Saya kagum dengan keramahan para petugas di sini. Ya, orang Indonesia memang dikenal ramah. Saya kagum. Dan produk-produk yang dijual disini sangat variatif. Artinya, dengan berkunjung hanya kesatu tempat, saya sudah dapat semua yang saya butuhkan,” ujarnya menambahkan.