Stephen Hawking Meninggal Dunia - Simak 5 Kutipan Soal Bisnis Darinya (Image: Google)
Stephen Hawking Meninggal Dunia - Simak 5 Kutipan Soal Bisnis Darinya (Image: Google)

Fisikawan besar Stephen Hawking meninggal dunia pada Rabu (14/3/2018) di usia 76 tahun. Fisikawan yang kisah hidupnya diangkat dalam film The Theory of Everything ini meninggal pada usia 76 tahun. Dia baru saja merayakan ulang tahunnya pada 8 Januari lalu.

Stephen Hawking menderita penyakit motor neuron sejak 1963 dan mengharuskan dia untuk hidup dengan alat bantu hingga akhir hidupnya. Meski demikian, ia tetap menjalaninya studinya di Cambridge University dan namanya tercatat sebagai salah satu ahli fisika paling berpengaruh setelah masa Albert Einstein.

Semasa hidupnya, sosok Stephen Hawking bukan hanya berjasa untuk dunia sains, tetapi juga di dunia bisnis. Berikut ini adalah 5 kutipan Stephen Hawking yang sangat inspiratif, yang dapat menjadi dorongan semangat dalam menjalankan usaha.

1. “Nothing is better than reading and gaining more and more knowledge.”

Membaca buku merupakan salah satu cara efektif untuk menambah pengetahuan soal bisnis. Di era digital seperti saat ini, kita bisa dengan mudahnya mengakses buku-buku terkait teknik dan strategi pemasaran, storytelling guna menarik lebih banyak pelanggan, hingga cara untuk memaksimalkan penggunaan media sosial dalam memasarkan produk.

Lakukanlah kebiasan membaca ini setiap hari untuk menambah skill bisnis sebagai entrepreneur.

2. “The universe doesn’t allow perfection.”

Setiap entrepreneur tentu ingin agar bisnisnya berjalan sesempurna mungkin. Menjalankan usaha dengan karyawan berkualitas dan dapat diandalkan, punya produk atau jasa yang selalu dicari pelanggan, mendapatkan keuntungan banyak setiap bulannya, dan seterusnya.

Namun, apabila suatu saat nanti bisnis kita menghadapi masalah, hadapilah dengan kepala dingin dan hilangkan kata “menyerah” dari benak kita.

Seorang entrepreneur akan mencari penyebab masalah tersebut, menganalisa mengapa hal tersebut bisa terjadi, dan temukan solusi terbaik supaya usaha yang dijalani dapat kembali pada track yang benar.

Perlu diingat bahwa masing-masing orang memiliki definisinya sendiri ketika mengartikan bisnis yang sukses. Jangan berharap mendapatkan kesuksesan dalam waktu singkat jika tidak ada kerja keras.

3. “Intelligence is the ability to adapt to change.”

Dalam berbisnis, kecerdasan menjadi salah satu modal yang harus dimiliki. Jangan hanya mengandalkan rekan-rekan kerja saja dalam membangun bisnis, tapi yang paling utama ialah seorang entrepreneur harus mengandalkan diri sendiri.

Kita pasti menyadari, tentu ada fase jatuh dan bangun dalam berbisnis. Guna menghadapinya, kita pun harus mengandalkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan bisnis. Jangan sampai bisnis kita hanya berjalan di tempat dan stagnan.

Manfaatkan perubahan-perubahan yang ada untuk membuat bisnis yang sedang dijalankan dapat lebih menonjol dibanding yang lainnya.

4. “People won’t have time for you if you are always angry or complaining.”

Menjadi seorang pemimpin dalam suatu perusahaan bukanlah hal yang mudah. Seorang entrepreneur harus bisa menyesuaikan diri dengan rekan-rekan kerja yang berbeda latar belakang hingga management style-nya.

Jika ingin menjadi pemimpin yang disegani, cobalah untuk selalu bersikap ramah, memegang teguh prinsip, menjunjung kepercayaan, juga menghargai rekan-rekan kerja.

Hindarkan diri dari hal-hal tidak menyenangkan seperti mudah emosi, sering marah, atau gampang mengeluh, karena hal tersebut hanya akan memberikan citra buruk pada diri sendiri.

5. “However difficult life may seem, there is always something you can do and succeed at.”

Siapa bilang hambatan dalam bisnis tidak akan datang meski kita menjalankan usaha dengan perencanaan matang?

Perlu disadari, hambatan bisa datang dari segi internal, bisa juga dari eksternal, kapan saja, di mana saja. Tak peduli masalah apa yang tengah dihadapi, pasti akan selalu ada jalan keluarnya.

 

Terlepas dari kutipan-kutipan di atas, satu hal penting yang perlu kita contoh dari Stephen Hawking adalah cacat fisik tidak menjadi penghalang baginya dalam menjalankan hidup. Tidak ada alasan bagi seseorang untuk dapat bekerja, berkarya, berdaya, dan memiliki kontribusi dalam kehidupan orang banyak.