Jakarta, MNEWS.co.id – Masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia beberapa hari lagi akan merayakan Tahun Baru Imlek. Momen ini sangat tepat bagi para pebisnis untuk merencanakan ide dan strategi marketing yang efektif. Biasanya mereka akan memberikan promo berupa diskon atau harga spesial.
Seperti perayaan besar lainnya, saat tahun baru Imlek banyak para pelaku usaha yang memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan mereka. Anda bisa memanfaatkan peluang momen Tahun Baru Imlek untuk meraih banyak keuntungan.
Dikutip dari Koinwork, berikut strategi yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan saat Imlek.
1. User Generated Content (UGC)
Strategi marketing yang pertama, Anda bisa mencoba merayakan tahun baru Imlek bersama dengan audiens bisnismu melalui User Generated Content (UGC).
User Generated Content merupakan konten-konten yang dibuat oleh user atau pelanggan, biasanya melalui digital. Buatlah para pelanggan Anda untuk membuat dan membagikan konten mereka dengan bertemakan Imlek. Membangun User Generated Content adalah strategi marketing yang kuat karena WOM atau Word-of-Mouth masih menjadi pemasaran efektif.
2. Menciptakan Hubungan Emosional dengan Pelanggan
Dalam satu tahun, Imlek adalah waktu paling emosional. Menurut Google Vision API, robust image analysis kepada lebih dari 7.000 gambar menunjukkan kalau kesenangan memiliki asosiasi paling kuat di waktu ini.
Hal ini karena keterikatan secara emosional sudah terbukti efektif. Anda sebagai pebisnis perlu untuk memanfaatkan kesempatan ini, sehingga bisa menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Ingatlah, kalau orang akan lebih terikat dengan emotional touch daripada fakta.
Cerita yang menyentuh emosional dan relate dengan audiens nyatanya lebih tak terlupakan daripada fakta. Kalau bisa memanfaatkan momen ini dengan baik, bukan tidak mungkin konten buatan Anda akan menjadi viral. Jika sudah begini, tentu saja bisa mendatangkan banyak pelanggan dan meningkatkan keuntungan.
3. Buat Konten Video yang Menarik
Konten video menjadi salah satu hal efektif untuk bisa menarik masa sekaligus membuat orang menangkap informasi yang Anda berikan. Tak heran kalau sekarang ini, video-video pendek sangat populer dan digandrungi masyarakat juga pemilik bisnis.
Hal ini juga yang membuat aplikasi TikTok sangat populer bahkan telah menggeser popularitas Instagram. Dengan strategi marketing ini, Anda bisa membuat konten yang berkaitan dengan tahun baru Imlek hanya menggunakan kamera smartphone.
4. Tunjukkan Budaya Perusahan dan Karyawan Anda
Orang-orang lebih memilih untuk berhubungan dengan produk yang mereka percaya atau suka. Nah, untuk menciptakan hal ini, ada beberapa strategi marketing yang bisa Anda lakukan.
Dengan melakukan strategi ini, Anda bisa menunjukan sisi manusia dalam bisnis dan orang-orang menyenangkan di dalamnya. Salah satu caranya Anda bisa mengadakan sebuah Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Imlek tahun ini.
Setiap perayaan besar, seringkali membuat keadaan menjadi memusingkan. Maka dari itu, untuk membantu mereka melewati hal ini, Anda sebagai pelaku bisnis bisa memberikan mereka konten-konten menarik.
Perayaan Tahun Baru Imlek menjadi salah satu peluang besar bagi beberapa sektor bisnis untuk meningkatkan profit. Maka dari itu, Anda perlu peka melihat tren sehingga bisa membuat bisnis semakin optimal.