Ilustrasi kelola uang. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sebagian orang merasa banyak pengeluaran selama lebaran karena kebutuhan selama hari raya Idulfitri. Nah, sekarang libur Lebaran sudah selesai, saatnya kembali bekerja dan mengatur keuangan lagi.

Dosen Akuntansi Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) Dina Anggraeni Susesti memiliki lima langkah mengatur keuangan pascalebaran.

“Jadi ini mengolah uang yang ada karena memang gajian itu masih lama jadi langkah ini mengolah keuangan yang ada,” katanya dikutip dari Republika.

Lima tips mengolah keuangan pasca lebaran, yang pertama dengan mengevaluasi pengeluaran selama lebaran dengan mengatur kembali pos-pos yang dirasa kurang penting.

 “Jadi pengeluaran yang tidak penting ini sering kita lakukan bahkan saat sudah membeli barang yang tidak terlalu penting dan urgent,” kata Dina.

Kedua, prioritaskan pengeluaran yang berdasar kebutuhan utama untuk keinginan atau kebutuhan tersier hendaknya jangan dilakukan terlebih dahulu. Ketiga, membayar utang atau kewajiban dimana seseorang cenderung lebih menggunakan kartu kredit untuk berbelanja.

“Sehingga tagihan kartu kredit lebih di dulukan untuk membayar, jika tidak ada full payment alangkah baiknya membayar dengan minim payment untuk sementara waktu sampai kebutuhan lainnya dapat tercukupi. Cara seperti itu dapat membantu pemulihan kondisi financial pasca lebaran,” tambahnya.

Langkah keempat adalah dengan menjadi smart buyer. Masyarakat diminta membatasi belanja harian dengan membuat rincian daftar belanja. Dan yang terakhir jika sudah terinci berdasar kebutuhan.

“Dari sini, kita bisa mulai menabung kembali sehingga perekonomian keluarga bisa mencukupi selama menunggu gajian,” pungkasnya.