Ilustrasi fesyen muslim. (Foto: 123RF)

MNEWS.co.id – Kota Bandung merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat konveksi pakaian terbesar dan banyak memproduksi produk fesyen dari baju hingga celana. Tidak heran kalau Bandung dikenal dengan sebutan Paris Van Java karena menjadi kota penghasil produk dan bisnis fashion dengan kualitas yang baik.

Melihat potensi yang dimiliki Kota Bandung, Muhammad Nundang Nuryadah Purwandy atau yang lebih akrab dipanggil Wandi memutuskan untuk memulai bisnis di bidang fesyen. Berawal dari berjualan produk secara offline di pasar, kini, usaha miliknya yang bernama Toko Syafiq Store 1 pun aktif berjualan online di e-commerce dan sudah memiliki puluhan ribu pengikut di tokonya.

Toko Syafiq Store 1 fokus untuk menjual produk fashion muslim wanita seperti gamis, blouse, hingga tunik. Saat memutuskan untuk menjual produk fashion muslim, Wandi terlebih dahulu melakukan riset sederhana untuk melihat tren pasar yang banyak diminati.

“Saya melihat fashion muslim banyak juga peminatnya. Nah, saya coba bikin sample produk dulu, kemudian saya upload. Alhamdulillah langsung ada closing. Dari sinilah saya langsung buat stok produk yang lebih banyak lagi,” cerita Wandi.

Banyaknya kompetitor yang juga menjual produk fashion muslim tak dipungkiri menjadi salah satu tantangan bagi Wandi dalam mengembangakn Toko Syafiq Store 1.

Untuk itu, ada beberapa hal yang dilakukan Wandi agar bisnis fesyen miliknya dapat bersaing dengan kompetitor. Yuk, simak tipsnya berikut ini yang kami lansir dari Kampus Shopee.

Memproduksi sendiri produk yang dijual
Memanfaatkan potensi daerah Bandung yang memiliki banyak jasa konveksi pakaian, Wandi memutuskan untuk membuat desain dan memproduksi produknya sendiri. Jadi, model pakaian yang dijual bisnis fashion miliknya berbeda dengan produk kompetitor dan memiliki kualitas yang baik.

Membuat variasi produk
Sebuah bisnis fashion harus menawarkan variasi warna produk sehingga ada banyak pilihan yang dapat dipilih oleh pembeli.

Mengikuti program dan memanfaatkan fitur promosi yang ada di e-commerce
Wandi aktif mengikuti program dan fitur promosi yang ada di platform e-commerce untuk memberikan banyak keuntungan bagi pembeli yang berbelanja di Toko Syafiq Store 1.

Wandi mengatakan, walaupun harga yang ditawarkan tokonya sedikit lebih tinggi, ia berusaha untuk tetap memberikan value lebih untuk pembeli toko bisnis fesyen miliknya. 

Hal lainnya yang perlu diperhatikan untuk tetap dapat mengambil hati pembeli adalah mempertahankan kualitas bahan dan pelayanan toko yang optimal.

Ada kalanya tantangan yang dihadapi oleh Toko Syafiq Store 1 datang dari permasalahan pemenuhan stok produk, terlebih saat periode kampanye berlangsungnya promosi. Untuk meminimalkan hal tersebut, Wandi berinisiatif untuk menambah karyawan di bagian produksi sehingga tokonya dapat selalu memenuhi permintaan pembeli. 

Di balik semua usaha yang telah dilakukan, Wandi percaya bahwa setiap rezeki yang ia dapatkan sudah ada yang mengatur. Wandi juga berpesan kepada sesama pelaku usaha lainnya agar tetap semangat, terus berusaha, dan jangan menyerah agar UMKM lokal dapat terus berkembang.