Ilustrasi. (Foto: freepik.com)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sebagai pelaku UMKM, pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah marketplace. Apalagi sejak pandemi COVID-19, aktivitas di luar ruangan menjadi terbatas sehingga banyak orang membeli barang secara online. Salah satunya dengan membeli barang-barang dari marketplace

Perkembangan dunia digital telah banyak memberikan bantuan dan kemudahan bagi para penjual dan pembeli. Pasalnya, saat ini minat belanja online masyarakat di Indonesia juga semakin besar. Berbelanja secara online pun cukup mudah. Dengan mengandalkan ponsel, kita bisa membeli barang dari toko online dan produk tersebut bisa sampai tanpa harus ke luar rumah. 

Marketplace adalah istilah untuk menggambarkan sebuah platform tempat berkumpulnya para penjual di mana mereka menawarkan produk dan jasa yang mereka miliki kepada customer. Kegiatan jual-beli ini dilakukan secara daring atau tanpa tatap muka langsung. 

Berjualan online melalui marketplace juga menjadi langkah yang akan sangat menguntungkan bagi para pelaku UMKM. Karena dengan memanfaatkan marketplace, jangkauan calon pembeli pun menjadi lebih besar.

Bisa saja Anda adalah pelaku UMKM yang berada di Jakarta menjual produk kepada konsumen yang berada di Maluku. Dengan mengandalkan kecanggihan teknologi dan kemajuan internet, potensi jangkauan bisnis Anda menjadi semakin luas dan pertumbuhan usaha pun bisa diraih.

Bagi Anda yang ingin berjualan di marketplace, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar bisnis menjadi semakin lancar dan jualan jadi laris manis.

Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini yang telah kami rangkum dari Moka.

1. Manfaatkan fitur-fiturnya 

Sebelum bergabung dalam suatu marketplace, Anda harus memahami terlebih dahulu keunggulan serta fitur-fitur mereka. Ada begitu banyak marketplace yang bisa Anda gunakan sebagai tempat berjualan online. Pasti Anda mengenal Alibaba dan Amazon, beberapa contoh marketplace yang memiliki jangkauan bertaraf internasional. Sedangkan di Indonesia sendiri, Anda pasti mengenal Tokopedia sebagai salah satu marketplace besar di negara ini.

Nah, dari berbagai marketplace yang ada, mereka akan memiliki fitur yang berbeda pula. Fitur-fitur tersebut dapat membantu Anda untuk mempromosikan serta meningkatkan penjualan. Kenali serta pelajari berbagai fitur yang ditawarkan oleh perusahaan marketplace yang Anda tuju.

Misalnya, di Tokopedia, Anda akan mengenal istilah Power Merchant. Fitur ini dapat membantu untuk meningkatkan toko Anda. Ada berbagai keuntungan yang diberikan oleh perusahan jika Anda melakukan upgrade ke fitur premium seller ini. Namun, tentunya ada syarat dan ketentuan yang harus Anda ikuti. Untuk itulah, Anda harus mempelajari dengan cermat fitur-fitur marketplace.

2. Promosikan di media sosial

Jika Anda memiliki toko online yang terdaftar di salah satu marketplace, Anda berarti cukup tech-savvy untuk memiliki media sosial. Buatlah media sosial khusus toko atau bisnis Anda. Di sana, anda bisa mempromosikan produk-produk yang Anda jual. Anda juga bisa membuat konten edukatif dan kreatif seputar produk yang Anda jual agar memikat semakin banyak calon konsumen.

Pasanglah link marketplace tempat Anda berjualan agar para followers bisa langsung berpindah ke toko Anda tanpa perlu mencari-cari terlebih dahulu. Pasalnya, di marketplace pasti akan ada banyak pesaing yang menjual hal serupa dengan produk yang Anda jual. Ketika mereka mengetik keyword produk yang mereka butuhkan, akan tersedia berbagai macam pilihan dari berbagai penjual lainnya.

Jika Anda tidak ingin kalah bersaing, maka memanfaatkan media sosial adalah salah satu kunci kesuksesan jualan Anda di marketplace. Dengan begitu, calon pembeli bisa lebih mudah menemukan toko Anda melalui tautan yang dibagikan di media sosial.

3. Berikan pelayanan terbaik

Tips berjualan di marketplace yang penting lainnya adalah memberikan pelayanan terbaik. Hal termudah yang bisa Anda berikan adalah membalas pertanyaan calon pembeli dengan cepat dan tepat. Anda juga harus ramah serta sopan agar calon pembeli tidak merasa terintimidasi. Perlakuan yang tidak menyenangkan akan langsung membuat calon pembeli ogah melakukan transaksi dengan Anda.

Jika Anda membiasakan diri membalas chat dengan cepat dan tepat, maka itu juga akan memengaruhi profil toko Anda di marketplace. Beberapa marketplace memiliki fitur yang menampilkan persentase chat dibalas. Bila persentase semakin tinggi, calon pembeli jadi memiliki rasa aman dan nyaman untuk bertanya. Bayangkan bila toko Anda memiliki persentase yang rendah, calon konsumen bisa saja mengurungkan niat membeli di toko Anda karena Anda tak sigap membalas pertanyaan.

Memberikan pelayanan terbaik juga akan berpengaruh bagi review dan rating yang diberikan oleh konsumen. Jika mereka merasa terpuaskan dengan pelayanan, Anda mungkin akan melihat review yang bertuliskan “seller ramah dan responsif”. Tentunya hal ini akan meningkatkan kepercayaan bagi orang lain untuk membeli di toko Anda.

4. Berikan promo menarik

Siapa yang tidak tertarik dengan promo? Misalnya beli satu gratis satu, diskon 50%, beli produk X dapatkan bonus produk Z, promo hari raya, cashback 20%, gratis ongkir ke seluruh Indonesia, dan masih banyak lagi. Promo-promo tersebut pasti akan memikat para calon pembeli. Karenanya, berikanlah promo menarik secara rutin. Anda juga bisa memantau hari raya atau tanggal-tanggal tertentu agar konsumen menjadi sering berbelanja di toko Anda.

Biasanya, marketplace juga akan memiliki hari-hari tertentu di mana para seller yang berpartisipasi menawarkan promo spesial. Ikutilah program tersebut agar semakin banyak calon pelanggan yang mengetahui toko dan jualan Anda.

5. Sediakan berbagai pilihan pengiriman

Pilihan jasa pengiriman juga akan sangat berpengaruh pada kelangsungan toko Anda. Meskipun beberapa marketplace sudah menyediakan dan terkoneksi dengan berbagai jasa pengiriman, Anda juga harus bisa menyesuaikan. Terbukalah pada setiap jasa pengiriman yang ada. Hal tersebut akan memberi kemudahan bagi konsumen untuk menyesuaikan budget dengan jasa pengiriman yang tersedia.

Biaya pengiriman setiap jasa pasti berbeda. Belum lagi, dalam satu jasa pengiriman, mereka menawarkan beberapa pilihan. Misalnya, produk sampai di hari yang sama atau barang tiba setelah beberapa hari. Untuk pengiriman jarak jauh, ada pula pilihan kargo yang biasanya lebih murah, tetapi lebih lama. Anda harus bisa memberikan pilihan yang fleksibel bagi para konsumen.

6. Pasang harga terjangkau, tapi tidak murahan

Seperti yang Anda ketahui melalui penjelasan di atas, marketplace adalah tempat berkumpulnya para penjual yang menawarkan produk mereka. Artinya, Anda bisa saja menemukan penjual lain yang menawarkan produk mirip atau bahkan sama dengan yang Anda jual. Untuk itulah, Anda harus bisa membaca situasi dan berani berkompetisi dengan pesaing. 

Pasanglah harga yang terjangkau, namun bukan berarti barang yang Anda tawarkan merupakan produk yang murahan. Harga yang terjangkau akan memikat para calon konsumen. Misalnya, ketika calon konsumen A mengetikkan keyword ‘baju wanita’, maka hasil pencarian akan menampilkan begitu banyak toko yang menjual baju wanita. 

Bila Anda berjualan baju wanita, toko Anda pasti menjadi salah satu dari sekian banyak yang muncul. Semakin Anda bisa memberikan harga yang terjangkau, calon pembeli pasti akan tertarik melihat lebih lanjut toko Anda. Jika toko Anda memiliki rating yang bagus dengan review kepuasan pelanggan atas produk yang tidak murahan, dijamin calon pembeli akan bertransaksi di toko Anda.

7. Deskripsikan produk dengan tepat

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah deskripsi produk yang Anda jual. Cantumkan secara jelas dan detail produk yang Anda jual untuk menghindari pertanyaan sederhana berulang-ulang. Anda bisa menyematkan spesifikasi, warna, dimensi atau ukuran, material produk, banyaknya stok, cara penggunaan bila dibutuhkan, hal-hal yang harus dihindari saat menggunakan produk, dan masih banyak lagi.

Informasi produk sangatlah penting untuk memberikan wawasan bagi para calon konsumen. Anda juga bisa mengurangi kemungkinan konsumen bertanya karena detail produk sudah tersedia. Meskipun demikian, bukan berarti calon konsumen tidak akan bertanya tentang apa yang sudah Anda tulis. Anda tak perlu merasa kesal jika menemukan calon pembeli seperti itu. Tetap layani dengan ramah dan sopan agar mereka semakin terpikat. 

Untuk mempermudah, Anda juga bisa menaruh detail atau informasi produk di bagian foto produk. Hal ini bertujuan agar calon pembeli tidak perlu repot-repot membaca di bagian deskripsi.

Itulah beberapa tips untuk berjualan di marketplace yang bisa membantu meningkatkan penjualan Anda. Berjualan di marketplace adalah hal yang tidak bisa dikatakan mudah karena Anda harus bisa mempertahankan performa toko sembari mempromosikan produk di tempat lain, misalnya di media sosial.

Namun Anda tak perlu khawatir! Berjualan di marketplace bisa jadi menyenangkan jika Anda mengetahui seluk-beluk dan juga triknya.