Ilustrasi. Foto: classycutter.net
Ilustrasi. Foto: classycutter.net

Jakarta, MNEWS.co.id – Sebagai pelaku usaha, momen spesial seperti Hari Valentine tentu tidak boleh dilewatkan. Momen ini tidak hanya bisa mendekatkan orang-orang yang tidak sempat menghabiskan waktu bersama karena urusan pekerjaan atau lain hal, tetapi juga bisa membawa keuntungan bagi pelaku usaha jika dimanfaatkan dengan tepat dan sebaik mungkin.

Satu dari berbagai caranya adalah dengan memasang promosi. Dengan program yang tepat, promosi bisa menjadi senjata ampuh untuk menjual produk-produk atau layanan yang belum pernah diketahui sebelumnya oleh pelanggan. Pada saat yang sama, strategi tersebut juga bisa menjadi batu loncatan bagi pelaku usaha untuk melakukan branding ke cakupan pelanggan yang lebih luas.

Berikut ini adalah tips memasang promosi penjualan saat momen Hari Valentine seperti yang dilansir dari Moka.

  1. Buat Kontes Hari Valentine Secara Online
    Ajak pelanggan untuk mengirimkan cerita cinta, ide kencan romantis, caption romantis atau foto bersama pasangan di akun media sosial usaha yang dimiliki. Pastikan juga untuk memberlakukan syarat dan ketentuan mengikuti kontes tersebut. Misalnya, menambahkan hashtag dari nama produk Anda atau berfoto bersama pasangan di outlet usaha. Strategi ini dinilai tepat untuk mempromosikan produk. Jangan lupa juga siapkan hadiah untuk pemenang kontes.
  2. Berikan Diskon Khusus Untuk Pasangan
    Hadiah paling indah tentu adalah hadiah yang diberikan oleh orang yang dicintai. Sejak awal Februari, beragam jenis hadiah, kado, atau bingkisan akan mulai dicari. Oleh karena itu, pelaku usaha bisa memberikan diskon atau potongan harga spesial untuk pembeli yang sudah berpasangan, entah itu yang sudah menikah, bertunangan, ataupun pacaran. Namun, pastikan juga untuk membuat syarat dan ketentuan agar diskon yang diberikan tidak disalahgunakan oleh orang yang pura-pura punya pasangan.
  3. Berbagi Kejutan Dengan Pelanggan
    Ada banyak kejutan yang bisa dilakukan untuk membuat pelanggan merasa spesial di Hari Kasih Sayang nan spesial. Salah satunya adalah dengan memberikan hadiah kecil berupa kartu ucapan Valentine yang diikat pada setangkai mawar. Atau bisa juga dengan memberi kejutan sepotong cokelat kepada pelanggan saat mengantarkan pesanan atau saat mereka hendak membayar. Siapa tahu, mereka kepincut!
  4. Tawarkan Paket Khusus Valentine’s Day
    Terkadang beberapa orang yang merayakan Hari Valentine, tidak hanya dengan sekadar memberikan hadiah berupa barang, namun mereka juga ingin melakukan aktivitas seperti candle light dinner ataupun menonton di bioskop. Hal ini bisa dijadikan sebagai ide untuk disertakan dalam paket khusus Valentine’s Day.
  5. Berbagi Konten Tentang Cinta
    Ketika mendekati hari Valentine banyak orang akan tertarik dengan konten bertema cinta. Jika pelaku usaha memiliki website atau blog, mereka bisa memanfaatkan momen Valentine untuk meningkatkan traffic atau kunjungan pada situsnya. Caranya dengan menulis berbagai artikel yang berhubungan dengan cinta. Tidak harus artikel, bisa juga dengan memposting foto atau video di akun media sosial usaha yang dimiliki. Namun, pastikan semua konten bisa berhubungan secara langsung atau tidak langsung dengan produk yang ditawarkan, sehingga bisa sekaligus melakukan promosi.
  6. Temukan Promo Yang Paling Sesuai Dengan Target Pelanggan
    Berdasarkan hasil survei yang dilakukan NRF, sekitar 49% responden mengatakan bahwa mereka bersedia membeli lebih banyak apabila mereka memperoleh ‘a really good sale or promotion’ atau promosi yang sangat bagus dan menguntungkan. Maka dari itu, sebelum memberikan promo kepada para pelanggan, pikirkan terlebih dahulu diskon apa yang sesuai dengan target pasar. Tentunya pelaku usaha juga harus memikirkan apakah promo tersebut akan membawa profit atau sebaliknya.
  7. Berikan Sentuhan Khas Hari Valentine Pada Produk Yang Dijual
    Warna merah atau merah muda, simbol hati dan tampilan yang memberikan kesan manis dan menggemaskan bisa digunakan untuk desain promosi produk yang ditawarkan. Meskipun yang dijual bukanlah peralatan yang berhubungan dengan Valentine, seperti gadget atau kamera. Namun dengan memberikan tampilan yang menunjukan suasana Valentine’s Day, maka secara tidak langsung pelaku usaha telah ikut serta dalam merayakan momen ini.

Itu dia tips memasang promosi penjualan saat momen Hari Valentine yang bisa dicoba oleh para pelaku usaha. Selain bisa berbagi kasih sayang di peringatan Hari Valentine, kita juga bisa berbagi keuntungan dengan pelanggan dari promo Valentine’s Day tersebut.

Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan kasih sayang kepada pelanggan Anda!