Ilustrasi pelaku usaha perempuan. (Foto: iStock)

MNEWS.co.id – Menentukan harga jual produk UMKM, terlebih bagi mereka yang baru pertama kali terjun ke bisnis, bukanlah suatu hal yang mudah. Ada perasaan takut jika memberi harga terlalu tinggi. Dan sebaliknya, pebisnis pun ogah rugi jika harus menekan harga terlalu rendah.

Nova Dewi, Founder Suwe Ora Jamu, mengatakan bahwa riset pasar adalah kunci dari penentuan harga jual produk yang tepat yang wajib dilakukan oleh setiap pelaku bisnis saat memulai usaha atau memperkenalkan produk baru ke pasar.

“Riset pasar sangat membantu dalam berbagai informasi mengenai kompetitor yang sudah lebih dulu hadir di pasar, sehingga harus dilakukan oleh pelaku UMKM saat memperhitungkan harga jual suatu produk,” kata Nova dilansir MNEWS.co.id dari Suara.com.

Menurut Nova, harga produk yang telah ditetapkan oleh kompetitor juga bisa memberikan gambaran mengenai letak kedudukan produk kita di pasar nantinya.

Setelah mengetahui harga yang umum untuk suatu produk, Anda bisa mempertimbangkan apabila ingin memberikan harga premium yang lebih tinggi, atau bersaing dengan harga yang lebih rendah atau sepadan pada produk yang ditawarkan.

Bagi pelaku UMKM yang baru memulai bisnisnya, Nova mengatakan bahwa keberanian mereka pasti akan disambut hasil yang baik apabila mereka memiliki sikap pantang menyerah serta kemauan untuk belajar.

“Jangan takut untuk mengambil keputusan, karena kita bisa melakukan evaluasi secara berkala dan mengukur apabila harga yang ditentukan sudah tepat atau perlu penyesuaian. Hal seperti itu merupakan bagian dari berbisnis, dan kita akan selalu mempelajari hal baru dari setiap keputusan yang kita ambil,” pungkas Nova.