Tiga Syarat Pengusaha Sukses, Bangkitkan Semangat Bisnis WNI di Brunei

Dewi Fadhilah Soemanagara | 02 Oktober 2018, 11:20 WIB

Bandar Seri Begawan, MNEWS.co.id – KBRI Bandar Seri Begawan ajak warga negara Indonesia di Brunei Darussalam bangkitkan semangat berwirausaha. Ada tiga syarat yang dikemukakan oleh motivator wirausaha.

“Syarat pengusaha sukses itu hanya tiga, keyakinan, tekad tempur dan kerja keras," ujar motivator wirausaha, Gothang Wiyadi, di depan sekitar 150 warga Indonesia yang mengikuti Lokakarya Kewirausahaan di Bandar Seri Begawan (30/9/18). Wiyadi juga mendorong para peserta untuk jeli melihat peluang bisnis dan mengunci risiko usaha. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat usaha para warga Indonesia, termasuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) baik di Brunei maupun saat kembali di Indonesia.

“Kita juga bisa merintis usaha dari Brunei, tidak perlu menunggu kembali ke Indonesia. Terlebih lagi, izin pendirian perusahaan di Brunei lebih mudah daripada di Indonesia,“ ucap Ahmad Khoirun, pengusaha Indonesia di bidang konsultan pendirian usaha dan konstruksi.

Acara yang sama juga dilakukan di hotel Rizqun, Bandar Seri Begawan, pada 1 Oktober 2018. Hadir sekitar 60 pengusaha Indonesia dan Brunei dalam acara temu bisnis tersebut. Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, MA, dalam pidato sambutannya menekankan bahwa Indonesia membuka kesempatan kepada Brunei untuk berinvestasi dalam bidang apapun. Letak geografis antara Indonesia dan Brunei yang berdekatan menjadikan keduanya seperti 2 saudara yang saling membantu.

Lokakarya tersebut mengedukasi peserta untuk menumbuhkan dan mengembangkan usaha baru, membangun jejaring relasi di Indonesia dan Brunei, serta mempertahankan usaha yang telah dibangun. Lokakarya juga menjadi kesempatan berbagi pengalaman pengusaha Indonesia dan Brunei yang telah sukses mendirikan perusahaan di Brunei.

Sumber: KBRI Bandar Seri Begawan

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar